Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi

Keban, Agatha Nusamaris, Mulyana, Ig. Jaka and Asrini, Luh Juni (2018) Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi. Widya Teknik, 17 (2). pp. 72-79. ISSN 1412-7350, Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 5

[thumbnail of Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi]
Preview
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi)
6-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_.pdf

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi_peer_review]
Preview
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi_peer_review)
6-R1&2-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_.pdf

Download (900kB) | Preview
[thumbnail of Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi]
Preview
Text (Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pelayanan Loket BPJS Cabang Surabaya dengan Simulasi)
6-Evaluasi_dan_perbaikan_sistem_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Antrian sering terjadi apabila bagian fasilitas pelayanan sedang sibuk melayani pelanggan sebelumnya, sehingga ada waktu pelanggan selanjutnya, yang terbuang untuk menunggu. Tujuan pengamatan adalah untuk melihat kinerja 4 loket di BPJS kesehatan Surabaya serta memberikan usulan perbaikan yang dapat dipertimbangkan. Pengamatan menggunakan teori antrian dan dilakukan simulasi dengan bantuan software Arena. Loket A memiliki 3 fasilitas pelayanan, loket B, C dan DE memiliki 1 fasilitas pelayanan. Data diambil perhari (Senin-Jumat), merupakan data primer berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan. Dari hasil pengamatan dan simulasi, didapat waktu menunggu dan pelanggan mengantri paling banyak di loket C hari Senin, sementara waktu menunggu dan pelanggan mengantri paling sedikit pada loket A hari Jumat. Berdasarkan 3 usulan perbaikan, usulan 1 dan 2 memberikan hasil secara kuantitatif, yakni dapat mengurangi waktu tunggu dalam antrian. Sedangkan usulan 3 tidak dapat memberikan hasil secara kuantitatif. Ketiga usulan ini baik, namun dapat dipilih usulan perbaikan terbaik dengan mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem antrian, Simulasi, Fasilitas pelayanan, BPJS Kesehatan Surabaya
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:34
Last Modified: 08 Feb 2021 03:51
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/25121

Actions (login required)

View Item View Item