Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online

Johsia, Grady, Sianto, Martinus Edy and Mulyana, Ig. Jaka (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online, 18 (2). pp. 84-89. ISSN p-ISSN: 1412-7350, e-ISSN: 2621-3362, Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 5

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online]
Preview
Text (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online)
8-Analisis_faktor_faktor_yang_.pdf

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online_peer_review]
Preview
Text (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online_peer_review)
8-R1&2-Analisis_faktor-faktor_yang_.pdf

Download (892kB) | Preview
[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online]
Preview
Text (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online)
8-Analisis_faktor_faktor_yang_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat sekarang ini mendorong adanya penyedia transportasi online yang memudahkan konsumen yang bermobilitas tinggi. Moda transportasi yang sudah lama ada di Indonesia ini dibuat dengan inovasi berbasis online. Sampai saat ini, Go-Jek dan Grab terus bersaing khususnya dalam bidang transportasi roda dua dan roda empat. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi calon pelanggan dalam memilih jasa transportasi online di kota Surabaya. Dilakukan analisis faktor untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, analisis diskriminan untuk menemukan pembeda antara kedua transportasi online, dan Importance Performance Analysis dilakukan sebagai ide referensi bagi transportasi online untuk meningkatkan loyalitas konsumennya. Didapatkan hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ada 3 yaitu faktor perhatian (caring), kepercayaan (trust), dan kepuasan akumulatif (overall satisfaction). Sedangkan yang menjadi pembeda signifikan antara kelompok konsumen pemakai Go-Jek, pemakai Grab, dan konsumen yang memakai kedua layanan tersebut adalah tingkat pendapatan konsumen dan dana yang dikeluarkan dalam sebulan untuk menggunakan transportasi online.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Transportasi online, Analisis faktor, Importance Performance Analysis
Subjects: Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:51
Last Modified: 08 Feb 2021 03:57
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/25123

Actions (login required)

View Item View Item