Gambaran Perilaku Self-Disclosure di Social Media

Setiadi, Ade Paramitha (2014) Gambaran Perilaku Self-Disclosure di Social Media. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)

Abstract

Pada tahun 2012 tercatat bahwa di Indonesia terdapat 61,08 juta orang pengguna internet, yang di mana pengguna social media mencapai 83%. Self-disclosure di social media kerap dikaitkan dengan pengungkapan informasi diri yang bersifat rahasia dan intim. Namun, pada kenyataannya setiap orang melakukan self-disclosure dengan kualitas yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menggambarkan perbedaan perilaku self- disclosure di social media. Penelitian dilakukan pada 2 orang informan dengan masing-masing 1 orang significant other, dengan kriteria informan berada pada tahap dewasa awal dan sedang aktif menggunakan social media untuk kepentingan pribadi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan perilaku self-disclosure pada tujuan penggunaan, social media yang dipakai, topik self-disclosure, kontrol privasi, dan frekuensi pemakaian. Perbedaan tingkat self-disclosure keduanya dipengaruhi oleh faktor motivasi dan karateristik pribadi. Informan pertama menggunakan social media untuk mendapat hiburan di tengah kesibukan sehari-hari, sehingga tidak ada dorongan khusus baginya untuk mengungkapkan diri secara mendalam. Sementara itu informan kedua menggunakan social media untuk mengungkapkan informasi yang lebih beragam selain untuk hiburan, seperti membicarakan minat dan hal-hal pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Self-disclosure, social media
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 09:27
Last Modified: 28 May 2015 09:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2530

Actions (login required)

View Item View Item