Pengaruh kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap kadar LDL dan HDL kolesterol pada mencit hiperlipidemia

Nurcahyani, Diah (2019) Pengaruh kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap kadar LDL dan HDL kolesterol pada mencit hiperlipidemia. Jurnal Widya Warta, XLIII (01). pp. 95-108. ISSN 0854-1981

[thumbnail of Pengaruh kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap kadar LDL dan HDL kolesterol pada mencit hiperlipidemia_Cek Plagiasi] Text (Pengaruh kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap kadar LDL dan HDL kolesterol pada mencit hiperlipidemia_Cek Plagiasi)
Turnitin_Diah Nurcahyani.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Pengaruh kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap kadar LDL dan HDL kolesterol pada mencit hiperlipidemia_Peer Review] Text (Pengaruh kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap kadar LDL dan HDL kolesterol pada mencit hiperlipidemia_Peer Review)
Peer Review_Diah Nurcahyani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hiperlipidemia merupakan peningkatan kadar lipid dalam darah. Hiperlipidemia sangat berkaitan dengan perubahan kadar HDL dan kenaikan kadar LDL. Salah satu bahan alami alternatif yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap penurunan kadar LDL dan HDL kolesterol pada mencit hiperlipidemia. Penelitian ini menggunakan 12 ekor mencit (Mus musculus L.). Pembuatan hewan model hiperlipidemia dengan induksi kuning telur selama 7 hari. Terapi dilakukan selama 7 hari dengan kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) dosis 3x0,2 ml/hari dan 3x0,4 ml/hari. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Way Analisis Of Variance (ANOVA) dengan uji lanjutan Duncan untuk kadar LDL dan HDL. Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa kapsul ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) berpengaruh nyata menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL secara signifikan pada mencit (Mus musculus L.) hiperlipidemia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hiperlipidemia, temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.), HDL, LDL
Subjects: Pharmacy > Pharmacist Professional
Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > PSDKU - Pharmacy Diploma Study Program
Depositing User: Diah Nurcahyani
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:49
Last Modified: 25 Mar 2022 02:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25498

Actions (login required)

View Item View Item