Fenomena Penggunaan Emoticon pada Facebook dan Blackberry Messenger sebagai Alternatif Komunikasi Non-Verbal

Yustisiana, Rr. Arielia (2016) Fenomena Penggunaan Emoticon pada Facebook dan Blackberry Messenger sebagai Alternatif Komunikasi Non-Verbal. SAINTEK, 13 (2). pp. 63-69. ISSN 1693-8917

[thumbnail of Fenomena Penggunaan Emoticon pada Facebook dan Blackberry Messenger sebagai Alternatife Komukasi Non-Verbal]
Preview
Text (Fenomena Penggunaan Emoticon pada Facebook dan Blackberry Messenger sebagai Alternatife Komukasi Non-Verbal)
SAINTEK Vol 13 No 2 Des 2016.compressed.compressed.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Peer Review]
Preview
Text (Peer Review)
SAINTEK.pdf

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of Plagiarism]
Preview
Text (Plagiarism)
SAINTEK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sebuah fenomena dalam teknologi media sosial yang berhubungan dengan komunikasi non-verbal yang menggunakan aplikasi emoticon. Media sosial yang digunakan adalah Facebook (FB) dan Blackberry Messenger (BBM). Dalam kedua media sosial tersebut terdapat aplikasi emoticon. Ada dua permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu: mendeskripsikan maksud emoticon dan faktor-faktor penentu emoticon yang dipakai pada media sosial (FB dan BBM) untuk mengungkapkan emosi pengirim kepada penerima pesan. Kajian teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah komunikasi yang dibagi menjadi dua: komunikasi non-verbal dan visual, semiotika dan media sosial, yaitu FB dan BBM. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber data yaitu percakapan atau chat pengguna media sosial FB dan BBM. Metode padan referensial dan metode padan pragmatis digunakan untuk menganalisis emoticon yang digunakan oleh pengguna media sosial FB dan BBM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa emoticon yang sering digunakan untuk mengungkapan emosi pengirim kepada penerima dan sebaliknya. Terdapat tiga faktor penentu emoticon yang dipakai pada media sosial (FB dan BBM) untuk mengungkapkan emosi pengirim kepada penerima pesan, yaitu faktor kedekatan hubungan personal, faktor situasi atau keadaan sosial tuturan dan efisiensi komunikasi.

Item Type: Article
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Researcher
Yustisiana, Rr. Arielia
NIDN0701097701
lia.6606@gmail.com
Uncontrolled Keywords: emoticon, semiotik, komunikasi non-verbal, media sosial
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Communication Science > English Language Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Literature > Faculty of Communication Science > English Language Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Literature > Faculty of Communication Science > English Language Study Program
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Communication Science
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Literature > Faculty of Communication Science
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Literature > Faculty of Communication Science
Divisions: Faculty of Literature > PSDKU - English Literature Study Program
Depositing User: Arielia Yustisiana
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:33
Last Modified: 07 Feb 2023 04:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25516

Actions (login required)

View Item View Item