Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator

Agung, Deatri Arumsari and Widyarini, Lydia Ari (2021) Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator. Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator, 4 (2). pp. 189-204. ISSN 2614-0462

[thumbnail of Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator]
Preview
Text (Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator)
1-Multi-group_analysis_innovation_.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator_peer_review_]
Preview
Text (Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator_peer_review_)
1-R1&2-Multi-group_analysis_innovation_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator]
Preview
Text (Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator)
1-Multi-group_analysis_innovation_Hasil cek similarity.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wearable technology adalah teknologi yang dikenakan oleh penggunanya dan dilengkapi dengan sensor untuk menangkap data sehingga dapat diolah dan disajikan menjadi infomasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Kajian tentang adopsi masyarakat terhadap wearable device ini perlu dilakukan untuk menyusun strategi dalam mempercepat adoption rate di masyarakat. Adopsi pada inovasi dan teknologi ini dikaji dengan Technology Acceptance Model (Davis 1986) dan Innovation Diffusion Theory (Rogers 1983). Bagaimana variabel compatibilty, visibility, image, result demonstrability, dan voluntariness, serta variabel perceived ease of use dan perceived usefulness, terhadap variabel adoption intention perlu dikaji lebih dalam. Kuesioner disebar pada 218 responden dan dianalisis menggunakan structural equation model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa compatibility memiliki peran dominan terhadap perceived usefulness, diikuti result demonstrability, visibility, image dan voluntariness. Variabel perceived ease of use tidak memiliki pengaruh terhadap perceived usefulness, namun berpengaruh langsung terhadap niat seseorang untuk menggunakan wearable technology. Gender tidak memoderasi pengaruh variabel perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap niat seseorang untuk mengadopsi wearable technology. Pengembang dan peritel produk wearable technology dapat mengetahui bahwa motivasi seseorang dalam mengadopsi teknologi tersebut dipengaruhi secara langsung oleh faktor perceived ease of use dan perceived usefulness, serta secara tidak langsung oleh faktor compatibility, result demonstrability, visibility, image, dan voluntariness.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: wearable technology, innovation difusion theory, technology acceptance model
Subjects: Business > Management
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 25 May 2021 08:00
Last Modified: 04 Jun 2021 07:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25614

Actions (login required)

View Item View Item