Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis

Sari, Ana Easti Rahayu Maya, Wardani, Yohana Dea and Purwaningsih, Brigita Etik (2020) Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis. In: Prosiding Seminar NasionalDalam JaringanHasil Penelitian Dan Abdimas Tahun 2020, 23 Desember 2020, STKIP Pacitan - ISBN: 978-602-53557-6-9.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis] Text (Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis)
3p-Analisis_kemampuan_pemahaman_.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis_peer_review_] Text (Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis_peer_review_)
3p-R1&2-Analisis_kemampuan_pemahaman_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis] Text (Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis)
3p-Analisis_kemampuan_pemahaman_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian dari dua indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis mahasiswa melalui pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi data. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Akuntansi semester satu tahun 2020/2021 yang terdiri dari 22 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, non tes dan studi pustaka. Tes menggunakan soal tentang keseimbangan pasar sebelum dan sesudah pajak dan non tes menggunakan angket berisi pandangan mahasiswa terhadap penyampaian pembelajaran daring. Studi pustaka dilakukan untuk analisis terhadap data yang diperoleh. Indikator yang digunakan untuk mengukur pemahaman matematis mahasiswa adalah kemampuan pemahaman konseptual dan kemampuan pemahaman fungsional. Berdasarkan dari dua indikator tersebut diperoleh hasil perhitungan bahwa prosentase mahasiswa sebesar 59% belum paham didalam menentukan penyelesaian. Berdasarkan dari data tersebut disimpulkan bahwa 59% mahasiswa belum dapat mengoptimalkan kemampuan matematis yang dimiliki didalam menyelesaikan soal yang diberikan. Kondisi demikian membuat kecenderungan mahasiswa untuk mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan didalam menentukan penyelesaian. Hasil lain diperoleh prosentase mahasiswa sebesar 41% sudah mampu menyelesaikan namun masih terdapat beberapa langkah penyelesaian yang tidak tepat. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya masih rendahnya pemahaman mahasiswa dalam pengaplikasian matematis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-602-53557-6-9
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan, Pemahaman Matematis, Matematika Bisnis
Subjects: Mathematics
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:47
Last Modified: 27 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/25815

Actions (login required)

View Item View Item