Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Seks

Rahayu, Dwi Sri and Susilaningsih, Chaterina Yeni (2018) Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Seks. Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Seks, 9 (2). pp. 161-167. ISSN 2086-4876, e-ISSN: 2459-063X, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5

[thumbnail of Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Seks] Text (Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Seks)
1-Efektivitas_layanan_bimbingan_.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Seks] Text (Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa tentang Seks)
1-R1&2-Efektivitas_layanan_bimbingan_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hasil cek similarity] Text (Hasil cek similarity)
Turnitin_Efektifitas layanan bimbingan klasikal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jika kita berbicara mengenai seks, maka yang terbersit dalam benak sebagian besar orang adalah hubungan seks. Padahal, seks itu artinya jenis kelamin yang membedakan pria dan wanita secara biologis. Dengan adanya pemahaman yang salah terkait dengan seks maka orang tua pun enggan untuk membicarakannya dengan alasan tabu dan tidak layak diperbincangkan. Hal ini merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya perilaku seks bebas di kalangan remaja. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat pengetahuan siswa tentang seks setelah dilaksanakan layanan bimbingan klasikal, (2) Mengetahui keefektifan penerapan bimbingan klasikal untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang seks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design, dengan cara membandingkan pengetahuan siswa tentang pendidikan seks sebelum dan sesudah diberi bimbingan klasikal. Penelitian ini menghasilkan rumusan bahwa pelaksanaan penerapan layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang seks karena terjadi peningkatan dalam rata-rata pengetahuan siswa tetang seks. Skor mean sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal mencapai 75,03 dan skor mean setelah diberikan layanan bimbingan klasikal mencapai 94,09.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5
Uncontrolled Keywords: Bimbingan klasikal, Pendidikan seks, Remaja
Subjects: Guidance and Counseling
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:46
Last Modified: 26 Oct 2023 07:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25966

Actions (login required)

View Item View Item