Model Empathy Training Berbantuan Teknik Biblioterapi untuk Calon Konselor

Rahayu, Dwi Sri (2020) Model Empathy Training Berbantuan Teknik Biblioterapi untuk Calon Konselor. Model Empathy Training Berbantuan Teknik Biblioterapi untuk Calon Konselor, 5 (1). pp. 15-19. ISSN p-ISSN: 2477-5916, e-ISSN: 2477-8370, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3

[thumbnail of Model Empathy  Training Berbantuan Teknik  Biblioterapi untuk Calon Konselor] Text (Model Empathy Training Berbantuan Teknik Biblioterapi untuk Calon Konselor)
5-Model_empathy_training_.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of Model Empathy  Training Berbantuan Teknik  Biblioterapi untuk Calon Konselor_peer_review_] Text (Model Empathy Training Berbantuan Teknik Biblioterapi untuk Calon Konselor_peer_review_)
5-R1&2-Model_empathy_training_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Model Empathy  Training Berbantuan Teknik  Biblioterapi untuk Calon Konselor] Text (Model Empathy Training Berbantuan Teknik Biblioterapi untuk Calon Konselor)
5-Model_empathy_training_Hasil Cek Similarity (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya empati untuk konselor tidak diragukan lagi. Sehingga calon konselor perlu dibekali keterampilan empati. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana profil empati calon konselor?, (2) bagaimana pelaksanaan empathy training untuk calon konselor?, (3) bagaimana keefektifan model empathy training berbantuan teknik bibliotherapy untuk calon konselor?. Tujuan dilaksanakannya penelitian in iadalah (1) mendeskripsikan profil calon konselor dalam aspek empati, (2) mendeskripsikan pelaksanaan empathy training yang diberikan kepada calon konselor, (3) mendeskripsikan keefetktifan model empathy training berbantuan teknik bibliotherapy untuk calon konselor. Metode dalam penelitian ini adalah R&D yang dimodifikasi hanya sampai 6 langkah. Sampel terdiri dari 27 mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) profil empati calon konselor sebelum diberi treatment adalah 5 mahasiswa berada pada kategori sedang, 19 mahasiswa dengan kategori rendah, dan 3 mahasiswa lainnya berada pada kategori sangat rendah, (2) pelaksanaan empathy training berbantuan teknik biblioterapi dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu identifikasi, pemilihan referensi, presentasi dan tindak lanjut, (3) model empathy training berbantuan teknik biblioterapi efektif untuk meningkatkan empati calon konselor. Hal ini diketahui dari hasil uji statistik paired sample t test yang memperoleh hasil taraf siginifikansi = 0 < maka H0 ditolak. Jadi rata-rata nilai posttest lebih baik dari pada pretest. Data pre tes menunjukan 19% mahasiswa dengan kategori sedang, 70% dengan kategori rendah, dan 11% nya menempati kategori sangat rendah. Sementara data hasil posttest menunjukan bahwa terdapat 98% mahasiswa berada pada kategori tinggi dan 2% berada pada kategori sedang.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3
Uncontrolled Keywords: Empathy Training; Calon Konslelor, Teknik Bibliotherapy
Subjects: Guidance and Counseling
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:12
Last Modified: 15 Nov 2021 07:19
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/25986

Actions (login required)

View Item View Item