Kajian Pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas

Susilaningsih, Chaterina Yeni and Rahayu, Dwi Sri (2018) Kajian Pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas. In: Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), Juli 2018., FKIP Universitas PGRI Madiun.

[thumbnail of Kajian Pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas] Text (Kajian Pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas)
9p-Kajian_pustaka_tentang_konseling_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Kajian Pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas_peer_review_] Text (Kajian Pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas_peer_review_)
9p-R1&2-Kajian_pustaka_tentang_konseling_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Kajian Pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas] Text (Kajian Pustaka tentang Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas)
9p-Kajian_pustaka_tentang_konseling_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pensiun merupakan masa dimana seorang yang bekerja harus mengakhiri masa kerjanya. Pada masa itu seharusnya seseorang yang akan menjalani masa pensiun sudah merencanakan dengan matang segala sesuatu yang harus dikerjakan pada masa pensiun. Akan tetapi yang terjadi pada sebagian orang mengalami ketakutan, kecemasan, stres bahkan berakibat pada munculnya penyakit yang serius. Hal tersebut diakibatkan karena ketidaksiapan untuk menjalani masa pensiun. Pandangan orang terhadap masa pensiun masih negatif karena menganggap masa pensiun berarti hilangnya sebagian dari pola hidupnya, seperti penghasilan yang berkurang, banyaknya waktu luang, berkurangnya interaksi sosial, kesehatan yang menurun dan masa tua yang mengkhawatirkan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian tentang kecemasan dalam menghadapi masa pensiun. Kecemasan yang muncul pada masa pensiun itu harus segera diatasi dan dicarikan solusinya. Konseling kelompok realitas dianggap tepat sebagai alternatif bantuan karena melalui konseling kelompok realitas individu diajak untuk dapat menyadari kondisinya secara riil yang terjadi saat ini. Pendekatan konseling kelompok realitas sudah terbukti efektif. Pernyataan ini didukung oleh beberapa penelitian terdahulu, yang pada hakikatnya menyatakan konseling realitas dapat mengatasi berbagai permasalahan, diantaranya adalah (1) motivasi siswa, (2) komunikasi interpersonal, (3) membantu orang tua anak cacat, (4) kesehatan mental, (5) harga diri, dan (6) Kemandirian siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Realitas, Kecemasan, Kelompok Purna Tugas
Subjects: Guidance and Counseling
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:48
Last Modified: 15 Nov 2021 07:23
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item View Item