Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling

Susilaningsih, Chaterina Yeni and Rahayu, Dwi Sri (2019) Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling. In: Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), 24 Juli 2019, FKIP Universitas PGRI Madiun.

[thumbnail of Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling] Text (Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling)
10p-Faktor_penyebab_rendahnya_minat_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling_peer_review_] Text (Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling_peer_review_)
10p-R1&2-Faktor_penyebab_rendahnya_minat_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling] Text (Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling)
10p-Faktor_penyebab_rendahnya_minat_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (10MB)

Abstract

Minat bagi siswa merupakan faktor internal yang dapat berpengaruh terhadap arah studi lanjut, salah satunya untuk memasuki jurusan Bimbingan dan Konseling. Minat diartikan sebagai suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Minat juga mengandung makna bagi perencanaan masa depan seseorang sehubungan dengan jabatan yang akan diraih. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya minat siswa SLTA Kota Madiun terhadap jurusan bimbingan dan konseling. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 500 siswa terdiri dari 10 siswa SLTA di Kota Madiun. Sampel penelitian adalah 278 siswa yang minatnya rendah. Teknik penetapan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi, dan wawancara. Analisis data penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan deskripsi dari enam indikator yang menjadi penyebab minat rendah memilih jurusan BK yaitu: 1) Pemahaman tentang jurusan BK kurang sebesar 10%, 2) Pemahaman akan minat kurang sebesar 8,3 %, 3) Penghasilan kurang besar sebesar 25%, 4) Jurusan BK dinilai tidak favorit sebesar 5%, 5) Minat menjadi guru rendah sebesar 28,3%, dan 6) Prospek pekerjaan sulit sebesar 23,4%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Faktor Penyebab Rendahnya Minat, Jurusan Bimbingan dan Konseling
Subjects: Guidance and Counseling
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:17
Last Modified: 15 Nov 2021 07:25
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/25992

Actions (login required)

View Item View Item