pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Christie, Agatha (2021) pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Agatha Christie.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Agatha Christie.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Agatha Christie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Agatha Christie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Agatha Christie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 - Agatha Christie.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Agatha Christie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. LKPD beserta perangkat pembelajaran pendukung berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) dikembangkan dan diimplementasikan menggunakan metode penelitian Reasearch and Development dan model ADDIE dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran telah melewati proses validasi oleh dua validator sebelum diuji cobakan kepada peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Katolik Santa Agnes Surabaya. Akibat dari adanya pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan peserta didik untuk datang ke sekolah, perangkat pembelajaran diuji cobakan kepada peserta didik secara daring dengan platform Zoom, PhET, Google Classroom, Google Form, Google Drive, Whatsapp, dan Team Picker Wheel. Hasil validitas menunjukkan bahwa LKPD, RPP, dan RE sangat valid dengan skor masing-masing 3,7, 3,71, dan 3,59. RPP yang dikembangkan telah terlaksana dengan sangat baik pada proses pembelajaran dengan skor keterlaksanaan sebesar 3,95. Berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir, hasil belajar peserta didik meningkat dengan skor N-Gain sebesar 0,63. Hasil angket respon peserta didik melalui Google Form menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD, RE, dan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan penulis layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Untung, G. Budijanto
NIDN8954310021
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), inkuiri terbimbing, gerak harmonik sederhana, peningkatan hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Josefine Hira Eksi
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:06
Last Modified: 30 Aug 2021 03:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item