Studi pustaka mengenai pola asuh orang tua tunggal (single parent) terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun

Utomo, Fastinsia Fortuna (2021) Studi pustaka mengenai pola asuh orang tua tunggal (single parent) terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - FASTINSIA FORTUNA UTOMO - fastinsia fortuna.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - FASTINSIA FORTUNA UTOMO - fastinsia fortuna.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - FASTINSIA FORTUNA UTOMO - fastinsia fortuna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - FASTINSIA FORTUNA UTOMO - fastinsia fortuna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - FASTINSIA FORTUNA UTOMO - fastinsia fortuna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - FASTINSIA FORTUNA UTOMO - fastinsia fortuna.pdf

Download (178kB)

Abstract

Pada suatu keluarga setiap anggotanya memiliki tugas dan fungsi masing-masing, setiap anggotanya harus melaksanakan tugas dan fungsi tersebut agar dapat mencapai tujuan bersama. Jika fungsi dan tugas dari salah satu anggota keluarga tidak terlaksana dengan baik, maka dapat mengganggu fungsi dan tugas anggota lain, termasuk pada aspek perkembangan anak. Namun pada kenyataannya tidak semua keluarga mampu mempertahankan keutuhan keluarganya karena tidak mampu menyelesaikan konflik yang terjadi dalam rumah tangganya sehingga memutuskan untuk bercerai dan menjadi single parent. Sesuai dengan pemaparan diatas, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai pola asuh single parent terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kepustakaan (library research). Teknik yang digunakan pada penelitian studi kepustakaan ini adalah analisis data. Perbedaan tersebut terjadi karena lingkungan keluarga berperan utama dan memiliki dampak besar dalam mendukung tumbuh kembang anak usia dini. Proses perkembangan sosial emosional anak dapat berjalan dengan baik jika keluarga dapat memberikan kenyamanan dan pendidikan yang layak kepada anaknya berupa pengetahuan dan pondasi keagamaan. Sifat dan perilaku anak bergantung pada lingkungan keluarga, jenis pola asuh dan konsistensi dalam penerapannya. Menurut penelitian terdahulu pola pengasuhan dibagi menjadi empat jenis yakni pola pengasuhan otoriter, pola pengasuhan demokratis, pola pengasuhan neglectful, pola pengasuhan permisif. Pola asuh yang baik dan kekonsistenan mampu memberikan dampak yang positif pada perkembangan anak karena aspek perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun tidak hanya dipengaruhi dengan kelengkapan keluarga saja, namun bagaimana cara mengasuh anak atau disebut juga jenis pola pengasuhan dan konsistensi. Dengan memiliki perkembangan sosial emosional yang baik anak mudah diterima di lingkungan teman sebaya dan dewasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Anggraini, Kristin
NIDN0707097903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua Tunggal (Single Parent), Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Josefine Hira Eksi
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:57
Last Modified: 30 Aug 2021 03:57
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/26073

Actions (login required)

View Item View Item