Pengaruh eWOM dan Interactivity terhadap purchase intention melalui perceived relevance pada aplikasi GoFood di Surabaya

Khohari, Michael Kenny (2021) Pengaruh eWOM dan Interactivity terhadap purchase intention melalui perceived relevance pada aplikasi GoFood di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Michael Kenny Khohari.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Michael Kenny Khohari.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Michael Kenny Khohari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Michael Kenny Khohari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Michael Kenny Khohari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 - Michael Kenny Khohari.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Michael Kenny Khohari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

E-commerce dalam industri kuliner telah memasuki aplikasi dalam smartphone. Hadirnya layanan pesan antar makanan menyediakan kenyamanan bagi konsumen dalam memperoleh produk makanan yang mereka inginkan. Salah satu layanan pesan antar makanan yang paling sering digunakan di Indonesia adalah GoFood, yang merupakan layanan milik GoJek. Penting bagi GoFood untuk menyediakan eWOM dan interactivity, agar konsumen dapat merasakan perceived relevance yang berhubungan dengan diri mereka, yang akan mengarah pada timbulnya purchase intention. EWOM dalam GoFood berbentuk rating yang diberikan oleh konsumen setelah mereka membeli dan mencoba makanan dari sebuah restoran. Rating tersebut merupakan penilaian atas layanan yang diberikan oleh driver GoJek yang mengantar makanan serta restoran yang menyediakan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah eWOM dan interactivity dapat mempengaruhi purchase intention melalui perceived relevance pada pengguna aplikasi GoFood di Surabaya. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kuesioner disebarkan dalam bentuk Google Form. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah SEM (structural equation modeling) dengan menggunakan program LISREL 8.80. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa eWOM berpengaruh signifikan positif terhadap perceived relevance, interactivity berpengaruh signifikan positif terhadap perceived relevance, perceived relevance berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention, eWOM berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention melalui perceived relevance, dan interactivity berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention melalui perceived relevance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
A.Y.Yan Wellyan Toni P, A.Y.Yan Wellyan Toni P
NIDN0721017201
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yulika Rosita Agrippina, Yulika Rosita Agrippina
NIDN0701079401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: eWOM, interactivity, perceived relevance, purchase intention
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Christina Handini N
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:15
Last Modified: 30 Aug 2021 07:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26099

Actions (login required)

View Item View Item