Laporan kerja praktek pembuatan aplikasi sistem otomasi pelaporan data proses pabrik bulanan di PT. Karunia Prima Engineering

Sanjaya, Yohanes (2021) Laporan kerja praktek pembuatan aplikasi sistem otomasi pelaporan data proses pabrik bulanan di PT. Karunia Prima Engineering. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Yohanes Sanjaya.pdf

Download (22MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - Yohanes Sanjaya.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - Yohanes Sanjaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - Yohanes Sanjaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - Yohanes Sanjaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - Yohanes Sanjaya.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Yohanes Sanjaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Laporan kerja praktek dengan judul “Pembuatan Aplikasi Sistem Otomasi Pelaporan Data Proses Pabrik Bulanan Di PT. Karunia Prima Engineering” membahas tentang kegiatan yang dilaksanakan penulis selama kerja praktek pada tanggal 15 Juni 2020 sampai 11 September 2020 di PT. Karunia Prima Engineering. Perusahaan ini bergerak dalam bidang otomasi dan manajemen data industri bertempat di Pusat Niaga Sulung Mas C-8, Jl. Sulung Mas no.89, Kec. Krembangan, Surabaya. Metode dan prosedur dasar pelaksanaan kerja praktek ini ialah melalui studi teoritis, pengenalan dan studi lapangan, diskusi, penggunaan alat, serta pengerjaan tugas perusahaan. Adapun metode yang dilaksanakan bertujuan untuk memperoleh ilmu baik hardskill maupun softskill yang akan berguna dalam dunia kerja, serta pemenuhan salah satu syarat kelulusan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Pada kerja praktek ini, pembimbing memberikan pengetahuan dalam instalasi perkabelan dan penggunaan panel perangkat instrumentasi industri seperti PLC, Inverter, dan komponen pendukung lainnya. Selain itu, penulis juga diajarkan dalam pembuatan diagram rangkaian serta pembelajaran mandiri dalam penyelesaian tugas perusahaan yang diberikan. Secara garis besar, lingkup laporan kerja praktek ini difokuskan pada sistem kerja aplikasi dalam otomasi pelaporan data SCADA proses pabrik bulanan pada proyek PT. Sasa Inti dalam upaya meningkatkan efisiensi waktu dan kerja operator pemantau proses pabrik. Hasil dari penugasan selama kegiatan kerja praktek adalah dapat memahami fungsi, cara kerja, dan penggunaan komponen instrumentasi di bidang industri, dapat mengimplementasikan pengetahuan bahasa pemrograman C# dalam bentuk aplikasi sistem otomasi pelaporan data proses pabrik, serta memahami jalan program aplikasi dan prosedur pengoperasiannya.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Joewono, Andrew
NIDN0711107201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, C#, otomasi, pelaporan data proses pabrik.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:32
Last Modified: 31 Aug 2021 03:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26121

Actions (login required)

View Item View Item