Literature review pengaruh pemberian MCT dan serat nabati terhadap kadar kolesterol HDL dan LDL tikus jantan obesitas

Laytno, Michelle Rosaline (2021) Literature review pengaruh pemberian MCT dan serat nabati terhadap kadar kolesterol HDL dan LDL tikus jantan obesitas. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Michelle RL.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Michelle RL.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Michelle RL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Michelle RL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Michelle RL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5 dan DAFTAR PUSTAKA - Michelle RL.pdf

Download (122kB)

Abstract

Aterosklerosis merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan terjadinya penumpukkan plak di dalam arteri. Kadar LDL diatas 100 mg/dL merupakan faktor utama terjadinya aterosklerosis. Kadar HDL dibawah 40 mg/dL meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Pengkonsumsian serat pangan minimal 28g per hari dapat menurunkan kadar kolesterol sampai 15-19 persen. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pemberian asupan MCT dapat menurunkan kadar kolesterol LDL serta meningkatkan kadar kolesterol HDL secara signifikan. Tinjau ulang pustaka ini bertujuan untuk membuktikan secara teoritis pengaruh dari pemberian MCT dan serat pangan terhadap kadar kolesterol HDL dan LDL tikus jantan. Literatur yang diperoleh dari proses pencarian pada database online, didapatkan sejumlah 113 jurnal. Setelah disesuaikan dengan kriteria inklusi serta eksklusi yang telah ditetapkan, didapatkan hasil akhir sejumlah 4 literatur terkait serat pangan dan 4 literatur terkait MCT. Subjek yang digunakan dalam penelitian terkait serat pangan dan MCT berupa tikus jantan yang berasal dari dua galur yang berbeda yaitu Sprague dawley dan Wistar. Pemberian serat pangan memiliki efek terhadap penurunan kadar kolesterol LDL dan peningkatan kadar kolesterol HDL karena didalam tubuh terjadi eliminasi kolesterol dalam bentuk empedu oleh serat pangan dan mengakibatkan tubuh menggunakan kolesterol dalam darah untuk menggantikan asam empedu yang hilang. Pemberian MCT dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol LDL dan mencegah penurunan kadar kolesterol HDL karena MCT dapat meningkatkan sintesis asam empedu di hati serta meningkatkan ekskresi asam empedu melalui feses. Berdasarkan literatur yang dipilih dapat disimpulkan bahwa pemberian serat pangan yang dikombinasikan dengan MCT dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soewandi, J.S. Ami
NIDN8847770018
ami@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Wijaya, Hendy
NIDN0730078304
hendy-wijaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Aterosklerosis, High Density Lipoprotein, Low Density Lipoprotein, Serat pangan, Trigliserida rantai sedang, MCT, Kadar kolesterol HDL, Kadar kolesterol LDL
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Ch. Hetty RA
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:07
Last Modified: 06 Sep 2021 06:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26219

Actions (login required)

View Item View Item