Pengaruh pemanfaatan tax haven, kualitas audit dan pertumbuhan penjualan terhadap thin capitalization perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI

Lawendatu, Vanesza Anggreyni (2021) Pengaruh pemanfaatan tax haven, kualitas audit dan pertumbuhan penjualan terhadap thin capitalization perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Vanesza Anggreyni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Pajak adalah kontribusi wajib pajak kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang – Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar – besarnya kemakmuran raykat (Undang – Undang No 27, 2007). Terdapat dua jenis pendanaan yang dapat di pilih oleh wajib pajak badan dalam melakukan perencanaan pajak yaitu debt financing dan equity financing. Praktik penghindaran pajak melalui pendanaan cabang atau anak perusahaan lebih besar antara utang dari pada modal disebut thin capitalization. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi thin capitalization perusahaan di Indonesia. Thin capitalization adalah kondisi ketika sebuah perusahaan mendanai usahanya melalui hutang yang tinggi dari modal. Thin capitalization dapat dijadikan salah satu indikasi adanya tindakan tax avoidance oleh perusahaan dengan cara memanfaatkan beban bunga yang timbul sebagai pengurang penghasilan kena pajak. Di Indonesia sendiri, thin capitalization pertama kali diatur dalam KMK-1002/KMK.04/1984 yang kemudian diganti menjadi PMK 169/PMK.010/2015. Variabel dependen thin capitalization diukur menggunakan DER dan variabel independen dari penelitian ini adalah pemanfaatan tax haven, kualitas audit dan pertumbuhan penjualan serta variabelkontrol yaitu ukuran perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 – 2019. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling method. Berdasarkan purposive sampling, diperoleh sampel 284 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan. Teknik analisis data menggunakan multi regression analysis. Hasil menunjukan bahwa (1) Pemanfaatan tax haven berpengaruh negatif terhadap thin capitalization, (2) Kualitas audit berpengaruh negatif terhadap thin capitalization, (3) Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap thin capitalization, (4) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap thin capitalization.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sari, Dian Purnama
NIDN0730128502
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Thin capitalization, tax haven, kualitas audit, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:22
Last Modified: 14 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26516

Actions (login required)

View Item View Item