Pengaruh kejujuran, tekanan ketaatan, dan reward terhadap intensitas auditor interna melakukan whistleblowing: studi eksperimen

Juannita, Vera (2021) Pengaruh kejujuran, tekanan ketaatan, dan reward terhadap intensitas auditor interna melakukan whistleblowing: studi eksperimen. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak - Vera Juannita.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1 - Vera Juannita.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 - Vera Juannita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 - Vera Juannita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 - Vera Juannita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 - Vera Juannita.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran - Vera Juannita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)

Abstract

Kecurangan seringkali ditemukan dalam dunia akuntansi. Kecurangan bisa dideteksi dengan berbagai cara, salah satu dari pendeteksian kecurangan yakni dengan cara whistleblowing. Pada umumnya, whistleblowing dilakukan oleh semua orang dengan berbagai profesi yang memang mengerti mengenai kecurangan yang terjadi, tetapi dalam penelitian ini difokuskan kepada auditor internal, dikarenakan salah satu tugas utama auditor internal ialah melaporkan adanya tindakan illegal yang dilakukan oleh orang yang ada didalam suatu perusahaan ataupun organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kejujuran, tekanan ketaatan, dan reward terhadap intensitas auditor internal melakukan whistleblowing. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen factorial between subject 2x2x2. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data primer. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan alat statistik Univariate ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa intensitas auditor internal melakukan whistleblowing cenderung lebih besar dikarenakan berada dalam kondisi kejujuran, intensitas auditor internal melakukan whistleblowing cenderung lebih kecil dikarenakan berada dalam kondisi tekanan ketaatan yang tinggi, dan intensitas auditor internal cenderung lebih besar dalam melakukan whistleblowing tidak dipengaruhi oleh reward yang akan diterimanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulia, Teodora Winda
NIDN0710127702
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Whistleblowing, kejujuran, tekanan ketaatan, reward
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:32
Last Modified: 14 Sep 2021 04:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26517

Actions (login required)

View Item View Item