Efektivitas layanan konseling kelompok berbasis cyber-counseling via video call whatsapp dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa

Maulidia, Cindy (2021) Efektivitas layanan konseling kelompok berbasis cyber-counseling via video call whatsapp dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di salah satu SMA Swasta di kota Madiun, peneliti menemukan beberapa gejala yang tampak menunjukkan keterbukaan diri yang kurang pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok berbasisi cyber-counseling via video call whatsapp efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa. Proses pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Mei - 4 Juni 2021. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala keterbukaan diri. Subjek penelitian ini adalah 7 siswa kelas XI IPA 2 SMAK St. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2020/2021. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya perubahan antara nilai pretest dan nilai posttest yaitu nilai rata-rata pretest 109,86 dan hasil nilai posttest memiliki nilai rata-rata sebesar 158,14, atau mengalami peningkatan keterbukaan diri yang dilihat dari rata-rata gain score yakni sebesar 48,28. Berdasarkan hasil uji statistik deskriptif Paired Sample t-test, diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00. Karena signifikansi (2-tailed) 0,00<0,005 maka H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang nyata atau signifikan dari efektivitas layanan konseling kelompok berbasis cyber-counseling via video call whatsapp dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Bimbingan Dan Konseling
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widodo, Bernardus
NIDN0715086502
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, cyber-counseling, video call whatsapp, keterbukaan diri
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Guidance and Counseling
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Guidance and Counseling Study Program
Depositing User: Users 9037 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:53
Last Modified: 13 Sep 2021 06:25
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/26527

Actions (login required)

View Item View Item