Perancangan Keseimbangan Lintasan Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi Dan Metode Ranked Positional Weights

Salim, Hengky K, Setiawan, Kuswara and Hartanti, Lusia PS (2016) Perancangan Keseimbangan Lintasan Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi Dan Metode Ranked Positional Weights. Perancangan Keseimbangan Lintasan Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi Dan Metode Ranked Positional Weights, 11 (1). pp. 53-60. ISSN ISSN: 1907-1434, e-ISSN: 2502-1516, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3

[thumbnail of Perancangan Keseimbangan Lintasan Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi Dan Metode Ranked Positional Weights] Text (Perancangan Keseimbangan Lintasan Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi Dan Metode Ranked Positional Weights)
6-Perancangan_keseimbangan_.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Perancangan Keseimbangan Lintasan Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi Dan Metode Ranked Positional Weights] Text (Perancangan Keseimbangan Lintasan Produksi Menggunakan Pendekatan Simulasi Dan Metode Ranked Positional Weights)
6-Perancangan_keseimbangan_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang ada di dunia industri cukup sulit apabila dilakukan menggunakan metode tradisional seperti pemodelan matematika karena memakan waktu yang lama. Penelitian ini menyajikan gabungan pendekatan simulasi dan metode Ranked Positional Weights (RPW) untuk mengoptimalkan nilai efisiensi keseimbangan lintasan produksi. Penelitian ini menggunakan stopwatch time study untuk mendokumentasikan waktu proses pada setiap mesin dan operator dan juga menganalisis susunan sistem produksi saat ini. Lebih lanjut lagi, penelitian ini menganalisis dan mengolah data-data tersebut menggunakan uji statistik dengan perangkat lunak SPSS. Waktu proses pada setiap mesin dan operator dikonversi menjadi satuan distribusi matematika menggunakan teknik distribution fitting. Nilai keseimbangan lintasan produksi pada sistem yang sekarang adalah 59,99 persen dengan 6 stasiun kerja. Penggunaan metode RPW dan pendekatan simulasi dengan perangkat lunak ARENA menghasilkan perbaikan terhadap nilai keseimbangan lintasan produksi menjadi 94,64 persen dengan 3 stasiun kerja di dalam sistem baru yang diuji.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3
Uncontrolled Keywords: keseimbangan lintasan produksi; proses produksi; simulasi; ranked positional weights; simulasi arena
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:46
Last Modified: 18 Nov 2021 04:42
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/26545

Actions (login required)

View Item View Item