Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ)

Jessica, Juventia and Hartanti, Lusia Permata Sari (2016) Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ). Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ), 5 (1). pp. 55-64. ISSN 2302-5581

[thumbnail of Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ)] Text (Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ))
8-Analisis_persediaan_bahan_.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ)_peer_review_] Text (Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ)_peer_review_)
9-R1&2-Analisis_persediaan_bahan_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ)] Text (Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ))
8-Analisis_persediaan_bahan_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. Bhirawa Steel merupakan perusahaan besi yang terkenal di Indonesia. Dengan visi memberikan yang terbaik kepada para pelanggan, PT. Bhirawa Steel memberikan kualitas produk yang terbaik kepada para pelanggan. Namun PT. Bhirawa Steel memiliki kualitas pengendalian bahan baku yang kurang baik, karena sering mengalami kehabisan stok sehingga proses produksi berhenti. Oleh karena itu perlu adanya pengendalian bahan baku, agar perusahaan tidak mengalami kelebihan maupun kekurangan bahan baku. Pengendalian bahan baku dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan Economic Order Quantity (EOQ). EOQ merupakan perhitungan persediaan optimal dengan mempertimbangkan biaya pemesanan dan biaya penyimpanan. Dari hasil perhitungan, ditemukan bahwa PT. Bhirawa Steel perlu melakukan pembelian bahan baku sebanyak 5 kali dengan masing-masing pemesanan sebanyak 4,062,637 kg. Dengan metode EOQ diperoleh total biaya untuk sekali pemesanan yaitu Rp. 1,174,118,791,317.00. Stok pengaman (safety stock) yang harus ada di persediaan adalah sebanyak 2,550,245 kg. Titik pemesanan kembali (reorder point) bahan baku adalah 25,264,800 kg.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Economic Order Quantity, Safety Stock, Reorder Point.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:08
Last Modified: 02 Feb 2022 08:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26549

Actions (login required)

View Item View Item