Analisis prosedur pencairan dan penanganan kredit macet pada anggota Prima Danarta Credit Union

Saraswati, Irinne Audriana Ayu (2021) Analisis prosedur pencairan dan penanganan kredit macet pada anggota Prima Danarta Credit Union. Diploma thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (864kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk menganalisis prosedur pencairan pinjaman dan penanganan kredit macet pada anggota Prima Danarta Credit Union atau CU Prima. Analisis adalah sebuah usaha untuk memahami dan menjelaskan proses suatu hal yang terdapat pada sebuah perusahaan atau lembaga. Dalam proses analisis prosedur pencairan pinjaman pada CU Prima, penulis menemukan cukup banyak hal, seperti pemohon kredit yang melakukan pengajuan kredit namun tidak menyertakan jaminan, faktor-faktor penyebab terjadinya kredit macet, serta penanganan kredit macet tersebut. Tujuan dilakukannya analisis adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan-tahapan pengajuan kredit, pemberian keputusan kredit, serta penyebab dan penanganan kredit macet pada CU Prima. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa prosedur pinjaman pada CU Prima menggunakan prosedur yang sederhana. Dalam proses analisis ditemukan beberapa anggota yang memiliki kredit macet. Sebagian besar alasan anggota tidak membayar sehingga terjadi kredit macet adalah akibat dari pandemi yang menyebabkan usaha sepi sehingga harus tutup dan berkurangnya pendapatan, maka dari itu anggota tidak dapat mengangsur atau melunasi pinjaman pada CU Prima, namun terjadinya hal tersebut dapat menimbulkan kerugian bagi anggota yang lain dan juga CU Prima sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut CU Prima melakukan penanganan dengan cara menawarkan penjadwalan ulang pinjaman, menarik simpanan anggota untuk mengurangi atau menutup pinjaman, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Esa, Ariston Oki Apriyanta
NIDN0707047401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Prosedur pinjaman, Pencairan Pinjaman, Keputusan Kredit, Non-Performing Loan, Kredit Macet
Subjects: Business > Accounting Diploma
Business
Divisions: Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program
Depositing User: Aurelia Riana Ika Susanti
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:36
Last Modified: 24 Sep 2021 02:36
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/26693

Actions (login required)

View Item View Item