Perbandingan aktivitas antibakteri sediaan gel ekstrak daun sereh (Cymbopogon citratus (DC) Staph) dan sediaan gel hand sanitizer terhadap bakteri telapak tangan

Dewi, Serlyna Mutiara (2021) Perbandingan aktivitas antibakteri sediaan gel ekstrak daun sereh (Cymbopogon citratus (DC) Staph) dan sediaan gel hand sanitizer terhadap bakteri telapak tangan. Diploma thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Telapak tangan merupakan organ tubuh manusia yang sering digunakan untuk beraktivitas sehingga terdapat banyak bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit. Senyawa geraniol, sitral dan sitronelol (golongan terpenoid) pada minyak sereh memiliki potensi aktivitas antibakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan potensi antibakteri antara ekstrak daun sereh dan hand sanitizer yang dikemas dalam bentuk gel dengan menggunakan metode eksperimental laboratoris. Penelitian dilakukan melalui ekstraksi daun sereh, pembuatan sediaan gel beserta evaluasi fisiknya, inokulasi dan isolasi bakteri telapak tangan, serta uji aktivitas antibakteri dari masingmasing kelompok perlakuan. Isolasi bakteri telapak tangan dilakukan dengan cara streak plate. Hasil isolasi didapatkan 2 isolat bakteri yang berbeda secara makroskopik dan mikroskopik. Pengujian aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode sumuran dan menggunakan suspensi bakteri yang sesuai dengan larutan standar McFarland 0,5 dan diinkubasi selama 24 jam pada suhu ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antibakteri sediaan gel ekstrak daun sereh tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan aktivitas antibakteri sediaan gel hand sanitizer yang ada di pasaran terhadap bakteri telapak tangan. Zona jernih yang terbentuk pada sediaan gel ekstrak daun sereh pada isolat 1 dan isolat 2 berturut-turut yaitu 15,96±1,04 mm dan 14,51±1,23 mm. Sedangkan zona jernih pada gel hand sanitizer pada isolat 1 dan isolat 2 berturut-turut yaitu 13,29±1,63 mm dan 15,38±4,43 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purwanto, Agus
NIDN0717086401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: aktivitas antibakteri, gel ekstrak daun sereh, bakteri telapak tangan
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > PSDKU - Pharmacy Diploma Study Program
Depositing User: Agnes Dewi Karuniasari Wibisono
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:05
Last Modified: 07 Oct 2021 03:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26904

Actions (login required)

View Item View Item