Pengaruh media pembelajaran edupoint terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Wage-Taman, Sidoarjo

Utama, Chintiya Vira Jala (2021) Pengaruh media pembelajaran edupoint terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Wage-Taman, Sidoarjo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI - Chintiya Vira Jala Utama - Chintya V.J.U.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - Chintiya Vira Jala Utama - Chintya V.J.U.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - Chintiya Vira Jala Utama - Chintya V.J.U.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - Chintiya Vira Jala Utama - Chintya V.J.U.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - Chintiya Vira Jala Utama - Chintya V.J.U.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - Chintiya Vira Jala Utama - Chintya V.J.U.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Chintiya Vira Jala Utama - Chintya V.J.U.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran edupoint terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangakari 99 Wage, Taman-Sidoarjo. Media pembelajaran edupoint yang dimaksud adalah media pembelajaran yang dibuat dengan memanfaatkan Microsoft office khususnya Microsoft power point. Media pembelajaran ini dibuat mengikuti tema yang sedang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kemampuan membaca merupakan kemampuan yang sangat penting bagi anak, karena kemampuan membaca adalah modal bagi anak dalam mengembangkan perkembangan bahasanya. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan preexperimental design yaitu dengan one group pretest-posttest. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X) media pembelajaran edupoint dan variabel terikat (Y) kemampuan membaca. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 16 anak didik di TK Kemala Bhayangkari 99 Wage, Taman-Sidoarjo. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel penelitian adalah simple random sampling. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan memberikan test (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah didapatkan dibuktikan dan dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji Paired T-Test dan diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 22.0. Hasil pengujian yang didapatkan menunjukkan bahwa media pembelajaran edupoint berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Wage, Taman-Sidoarjo. Hasil pengujian tersebut diperoleh dari hasil uji N-Gain untuk variabel penilaian menunjukan angka 78,03. Hal ini menunjukan media pembelajaran edupoint dikategorikan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan hasil Uji Paired T-Test diketahui nilai sig(2-tailed) adalah 0,000 sedangkan nilai alfa (α) adalah 0,05 yang artinya penelitian ini memiliki pengaruh terhadap meningkatnya kemampuan membaca. Hasil uji hipotesa pada penelitian ini yaitu H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya pengaruh media pembelajaran edupoint terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 99 Wage, Taman-Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Simanjuntak, Anita Roslina
NIDN0701089301
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran edupoint, kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 14 Dec 2021 09:02
Last Modified: 14 Dec 2021 09:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26968

Actions (login required)

View Item View Item