Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) atas sistem persediaan pada usaha dagang toserba (Studi kasus pada Jago toserba)

Hapsari, Regina Septi Yulia Putri (2021) Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) atas sistem persediaan pada usaha dagang toserba (Studi kasus pada Jago toserba). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)

Abstract

Sistem persediaan merupakan salah satu hal yang diperlukan bagi perusahaan dagang salah satunya yakni perusahaan dagang toserba, dimana dalam usaha dagang toserba memiliki berbagai jenis persediaan yang beragam. Dengan adanya sistem persediaan dapat membantu perusahaan mengontrol dan mengelola persediaan untuk mengetahui jumlah stok barang sampai dengan meramalkan pembelian persediaan. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu Jago Toserba yang merupakan perusahaan dagang yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-sehari secara eceran mulai dari kebutuhan pokok, kosmetik, pakaian, peralatan dapur, dan alat rumah tangga lainnya. Terdapat beberapa permasalahan pada Jago Toserba dimana tidak memiliki kartu stok sehingga tidak untuk mengetahui jumlah persediaan yang sesungguhnya. Tidak memiliki dokumen bukti pengeluaran barang sehingga bagian gudang tidak memiliki bukti pencatatan atas barang yang keluar dan tidak mengetahui tracking barang keluar secara terperinci. Tidak memiliki laporan penerimaan barang sehingga tidak memiliki bukti bahwa barang diterima dengan kondisi baik dan sesuai dengan order pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merancang POS yang baik terkait dengan siklus persediaan perusahaan. Ruang lingkup penelitian ini dimulai dari penerimaan barang dari supplier hingga pengeluaran barang untuk dijual kepada pelanggan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur organisasi, job description, prosedur barang masuk dan keluar serta dokumen pendukung prosedur persediaan yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara kepada pemilik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perancangan POS dapat menjaga konsistensi dan meningkatkan kinerja operasional perusahaan. Serta dengan menambahkan dokumen baru seperti kartu stok, laporan penerimaan barang, dan bukti penerimaan barang dapat membantu perusahaan memperoleh informasi yang akurat terkait dengan persediaan dan dapat mengelola persediaannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Siklus Persediaan, Aktivitas Pengendalian, Prosedur Operasional Standar (POS)
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Aurelia Riana Ika Susanti
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:47
Last Modified: 11 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26974

Actions (login required)

View Item View Item