Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange

Wulani, Fenika and Junaedi, Marliana (2020) Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange. Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange, 13 (2). pp. 122-137. ISSN eISSN : 25482149, pISSN : 19793650, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3

[thumbnail of Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange] Text (Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange)
5-Organizational_citizenship_.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange_peer_review_] Text (Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange_peer_review_)
5-R1&2-Organizational_citizenship_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange] Text (Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange)
5-Organizational_citizenship_Hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Leader-Member Exchange (LMX) dan dukungan rekan kerja pada Organizational Citizenship Behaviour (OCB) yang diarahkan ke rekan kerja, serta peran mediasi kepuasan kerja pada hubungan-hubungan tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah 156 karyawan yang bekerja sebagai tenaga penjual (salesperson) di berbagai industri di Surabaya. Hasil pengujian dengan menggunakan PLS-SEM menunjukkan bahwa LMX berpengaruh signifikan pada OCB yang diarahkan ke rekan kerja, namun dukungan rekan kerja tidak signifikan berpengaruh pada OCB yang diarahkan ke rekan kerja. LMX dan dukungan rekan kerja berpengaruh pada kepuasan kerja, dan kepuasan kerja berpengaruh pada OCB yang diarahkan ke rekan kerja. Kepuasan kerja memediasi pengaruh LMX dan dukungan rekan kerja pada OCB yang diarahkan ke rekan kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan perlu meningkatkan kualitas hubungan antara atasan dan bawahan, dan antar rekan kerja, misalnya dengan melakukan aktivitas pelatihan bagi mereka.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3
Uncontrolled Keywords: Leader-Member Exchange (LMX), dukungan rekan kerja, Organizational Citizenship Behaviour (OCB), kepuasan kerja, tenaga penjual.
Subjects: Business > Management
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:35
Last Modified: 26 Jul 2022 03:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item View Item