Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat

Dian, Mariani (2021) Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat. Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat, 2 (1). pp. 38-42. ISSN pISSN: 2798-9755, eISSN: 2776-3676, Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi

[thumbnail of Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat] Text (Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat)
3-Aspek_matematis_dalam_tradisi_.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat_peer_review_] Text (Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat_peer_review_)
3-R1&2-Aspek_matematis_dalam_tradisi_.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat] Text (Aspek matematis dalam tradisi nugal masyarakat Suku Dayak Sebaruk Daerah Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat)
3-Aspek_matematis_dalam_tradisi_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nugal adalah tradisi yang dilakukan oleh Suku Dayak secara turun temurun. Nugal dilakukan oleh masyarakat Suku Dayak, saat pemilik lahan sudah membuka lahannya untuk berladang. Penelitian ini bertujuan untuk menggali aspek-aspek matematis yang terdapat pada proses nugal, maupun ritual adat yang dilakukan ketika hendak nugal. Ritual yang dilakukan disetiap daerah mungkin saja berbeda-beda. Oleh sebab itu peneliti membatasi ruang lingkup penelitian pada tradisi nugal yang dilakukan oleh masyarakat Suku Dayak Sebaruk, yang tinggal di Kampung Jentawang, Ketungau Hilir, Kalimantan Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, akan dijelaskan proses-proses nugal, mulai dari ritual hingga pelaksanaannya. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur kepada masyarakat setempat, terkait dengan pelaksanaan tradisi ini. Analisis dilakukan melalui reduksi data sehingga diperoleh rangkaian kegiatan yang dilakukan pada tradisi nugal serta aspek matematis yang tampak di dalamnya. Hasil dari penelitian ini, baik pada ritual dan proses nugal itu sendiri, dapat ditemukan beberapa aspek matematis seperti beberapa contoh pernyataan logika serta pola-pola yang dapat digunakan untuk menuju konsep barisan dan deret. Selain itu terdapat pula unsur geometri pada pola-pola ini, sehingga dapat digunakan untuk mengantarkan pada konsep-konsep geometri seperti translasi, refleksi dan menghitung jarak antar titik.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi
Uncontrolled Keywords: Suku Dayak, tradisi nugal, matematika, geometri, logika
Subjects: Mathematics
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:00
Last Modified: 15 Nov 2021 06:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27165

Actions (login required)

View Item View Item