Pembenahan sistem inventori ukm sumber berkat mandiri, blitar, jawa timur

Hartani, Tuti, Muljani, Benedicta D., Subandoro, Philipus Suryo and Sulindra, Eric (2021) Pembenahan sistem inventori ukm sumber berkat mandiri, blitar, jawa timur. Pembenahan sistem inventori ukm sumber berkat mandiri, blitar, jawa timur, 8 (2). pp. 119-126. ISSN pISSN: 2354-6557, eISSN: 2614-5456, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 6

[thumbnail of Pembenahan sistem inventori ukm sumber berkat mandiri, blitar, jawa timur] Text (Pembenahan sistem inventori ukm sumber berkat mandiri, blitar, jawa timur)
2-Pembenahan_sistem_inventori_.pdf

Download (310kB)

Abstract

UKM Sumber Berkat Mandiri sebagai Mitra Tim Abdimas selama ini menggunakan “sistem manajemen warung” dalam menjalankan bisnis di mana hampir seluruh urusan dikerjakan secara perorangan. Manajemen tersebut menyebabkan kurang optimalnya sistem administrasi, terutama dalam hal pencatatan aset, berdampak pada over stock dan kerugian lain. Secara umum, permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum adanya sistem administrasi terpadu untuk membantu pelaksanaan proses bisnis Mitra dan belum adanya sistem manajemen aset yang baik. Karena itu, tim abdimas membantu mitra untuk membenahi sistem inventori mitra, juga mengembangkan kemampuan manajerial Mitra melalui pengembangan keterampilan bagi Mitra dalam hal kepemimpinan, etika profesi, manajemen waktu, layanan prima, dan keterampilan interpersonal. Metode pelaksanaan kegiatan Abdimas ini dilakukan dalam 4 (empat) tahap. Tahap pertama survey untuk mengidentifikasi kebutuhan mitra; tahap kedua pemberian materi pelatihan; tahap ketiga penugasan kepada mitra terkait inventori barang yang dijual; tahap keempat sharing atas pelatihan yang telah didapatkan dan pendampingan penggunaan aplikasi inventory management. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah buku panduan kerja yang dapat digunakan oleh mitra dalam mengimplentasikan aplikasi inventory management.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 6
Uncontrolled Keywords: UKM, pencatatan aset, aplikasi inventory management
Subjects: Office Administration
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:20
Last Modified: 26 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/27171

Actions (login required)

View Item View Item