Sutanto, Stephanie and Simanjuntak, Ermida (2015) Intensi social loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa. Intensi social loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa, 3 (1). pp. 33-45. ISSN 2252-7702, Jurnal Nasional tidak terakreditasi
Text (Intensi social loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa)
4-Intensi_social_loafing_(Ermida).pdf Download (371kB) |
|
Text (Intensi social loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa_peer_review_)
12-R1&2-Intensi_social_loafing_pada_tugas_.pdf Download (1MB) |
|
Text (Intensi social loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa)
9-Intensi_social_loafing__Hasil Cek Similarity.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tugas kelompok dalam perkuliahan dapat menimbulkan social loafing pada mahasiswa. Social loafing adalah kecenderungan seseorang untuk mengurangi usahanya ketika mengerjakan tugas secara kelompok dibandingkan ketika mereka dievaluasi secara personal. Intensi mahasiswa untuk melakukan social loafing diduga berhubungan dengan adversity quotient yang dimiliki oleh mahasiswa. Adversity quotient adalah kemampuan seseorang untuk bertahan dalam menghadapi dan mengatasi masalah, hambatan atau kesulitan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan intensi mahasiswa untuk melakukan social loafing pada tugas kelompok. Subyek penelitian adalah 85 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala intensi social loafing dan skala adversity quotient. Hasil analisa data menunjukkan nilai -0.299 dengan p < 0.001 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara adversity quotient dengan intensi mahasiswa untuk melakukan social loafing pada tugas kelompok. Semakin tinggi adversity quotient yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin rendah intensi mahasiswa untuk melakukan social loafing pada tugas kelompok. Dosen disarankan untuk memberikan tugas-tugas perkuliahan yang dapat menstimulasi adversity quotient pada mahasiswa sehingga intensi mahasiswa untuk melakukan social loafing dapat menurun.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Jurnal Nasional tidak terakreditasi |
Uncontrolled Keywords: | intensi social loafing, adversity quotient, tugas kelompok |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | F.X. Hadi |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 07:27 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 08:55 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27463 |
Actions (login required)
View Item |