Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi

Simanjuntak, Ermida (2016) Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi. Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi, 4 (2). pp. 97-109. ISSN 2252-7702, Jurnal Nasional tidak terakreditasi

[thumbnail of Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi] Text (Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi)
6-Regulasi_belajar_pada_(Ermida).pdf

Download (403kB)
[thumbnail of Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi_peer_review_] Text (Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi_peer_review_)
14-R1&2-Regulasi_belajar_pada_mahasiswa_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi] Text (Regulasi belajar pada mahasiswa psikologi)
11-Regulasi_belajar_pada__Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang regulasi belajar yang didasarkan pada hasil penelitian oleh Kadioglu, Uzuntiryaki & Aydin (2011) yang merumuskan ada tujuh aspek regulasi belajar yaitu : motivation regulation, planning, effort regulation, attention focusing, task strategies, using additional resources dan self instruction. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan regulasi belajar yang dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Psikologi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Widya Mandala Surabaya yang aktif pada tahun ajaran Genap 2015/2016. Subjek penelitian sejumlah 170 orang. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah self regulatory strategic scale (SRSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek memiliki regulasi belajar yang tergolong tinggi dan sangat tinggi. Prosentase tertinggi pada aspek regulasi belajar adalah pada aspek effort regulation dan attention focusing. Aspek regulasi belajar dengan kategori rendah dan sangat rendah dengan nilai prosentase tertinggi adalah pada aspek task strategies dan planning. Fakultas disarankan untuk dapat mengembangkan program-program yang dapat mengembangkan regulasi belajar pada mahasiswa. Penelitian selanjutnya disarankan dapat mengembangkan alat ukur yang lebih variatif untuk mengungkap perilaku regulasi belajar.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional tidak terakreditasi
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, mahasiswa Psikologi, effort regulation, attention focusing, task strategies, planning
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:52
Last Modified: 01 Aug 2022 04:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27465

Actions (login required)

View Item View Item