Hubungan pola asuh demokratis dengan kemandirian anak prasekolah

Ohoiwutun, Maria Theresia (2021) Hubungan pola asuh demokratis dengan kemandirian anak prasekolah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang mendorong anak untuk dapat bertanggung jawab dan mandiri terhadap kebebasan yang diberikan oleh orang tua kepada anak. Kemandirian anak merupakan hal penting yang dikembangkan sejak usia dini sehingga dapat membentuk pola pikir dan kepribadian anak dengan membebaskan anak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan yang diinginkan anak namun tetap pada pantauan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian anak. Desain penelitian menggunakan pendekatan Cross sectional design. Variabel independen adalah pola asuh demokratis dan variabel dependen adalah kemandirian anak prasekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah 74 orang tua di TKS PKK Kalijudan Surabaya dengan jumlah sampel 64 orang tua yang memiliki kriteria inklusi dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling, instrumen yang digunakan adalah kuesioner pola asuh demokratis dan kuesioner kemandirian anak prasekolah. Mayoritas respoden dengan pola asuh demokratis adalah tinggi sebanyak 52 responden (82%) dari 64 responden dan kemandirian anak prasekolah adalah baik sebanyak 38 responden (61%) dari 64 responden. Hasil uji Spearman Rank Test terhadap pola asuh demokratis dengan kemandirian anak prasekolah dengan nilai p= 0,003 berarti ada hubungan antara pola asuh demokratis dan kemandirian anak prasekolah dengan koefisien korelasi 0.368* dengan tingkat kekuatan hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian anak prasekolah cukup dan searah, sehingga semakin tinggi pola demokratis maka semakin baik kemandirian anak prasekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Juwita, Linda
NIDN0701088701
lindajuwita@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Panglipurningsih, Ninda Ayu Prabasari
NIDN0727108704
nindaayu@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Anak Prasekolah, Kemandirian, Pola Asuh Demokratis
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program > Thesis Proposal (S1)
Depositing User: Maria Theresia Ohoiwutun
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:58
Last Modified: 29 Nov 2021 06:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27488

Actions (login required)

View Item View Item