Strategi public relations dalam melakukan rebranding sebagai sekolah swasta di Surabaya

Mauliem, Hasvita (2021) Strategi public relations dalam melakukan rebranding sebagai sekolah swasta di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)

Abstract

Strategi public relations yang dilakukan oleh SMA Trimurti dilakukan untuk mengatasi problematika penurunan jumlah pendaftar peserta didik baru. Problematika tersebut timbul karena adanya persaingan dalam dunia pendidikan yang semakin meningkat, sehingga mengakibatkan adanya perubahan besar- besaran dalam sistem manajemen SMA Trimurti Surabaya. Perubahan tersebut bukan hanya dilakukan secara internal, melainkan juga melibatkan pihak eksternal, yaitu bekerjasama dengan brand consultant dalam penanganan rebranding. Rebranding menjadi solusi untuk mengubah persepsi publik mengenai citra brand SMA Trimurti Surabaya agar mendapatkan perhatian publik dengan tujuan meningkatkan jumlah pendaftar peserta didik baru. Penelitian ini membahas mengenai strategi public relations SMA Trimurti Surabaya dalam melakukan rebranding sebagai sekolah swasta di Surabaya yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan metode penelitian studi kasus. Teori yang digunakan oleh peneliti, yaitu strategi public relations dalam menangani krisis milik Wasesa & Macnamara. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dengan narasumber yang terlibat saat penerapan strategi public relations dalam melakukan rebranding, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti adalah : Adanya perebutan pasar antar SMA Swasta di Surabaya, problem kredibilitas SMA Trimurti Surabaya di tengah krisis, serta inkonsistensi tujuan rebranding antara International School atau National School. Sehingga menghasilkan strategi public relations, yaitu menganalisis krisis dan problematika, melakukan perbaikan sistem manajemen, menunjuk brand consultant sebagai pihak eksternal untuk melakukan rebranding, mengoptimalkan aktivitas publikasi menggunakan Instagram dan website, serta menerapkan aktivitas public relations, yaitu publikasi untuk memberikan informasi sekaligus membangun citra kepada khalayak, melakukan lobbying dan negoisasi, serta peduli komunitas, dilakukan oleh kepala sekolah Trimurti Senior High School yang bergabung dengan komunitas sekolah terapan di Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandi
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi public relations, krisis, rebranding, public relations, studi kasus
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: HASVITA MAULIEM
Date Deposited: 05 Jan 2022 08:51
Last Modified: 05 Jan 2022 08:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27734

Actions (login required)

View Item View Item