Mauliem, Hasvita (2021) Strategi public relations dalam melakukan rebranding sebagai sekolah swasta di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
Abstract
Strategi public relations yang dilakukan oleh SMA Trimurti dilakukan untuk mengatasi problematika penurunan jumlah pendaftar peserta didik baru. Problematika tersebut timbul karena adanya persaingan dalam dunia pendidikan yang semakin meningkat, sehingga mengakibatkan adanya perubahan besar- besaran dalam sistem manajemen SMA Trimurti Surabaya. Perubahan tersebut bukan hanya dilakukan secara internal, melainkan juga melibatkan pihak eksternal, yaitu bekerjasama dengan brand consultant dalam penanganan rebranding. Rebranding menjadi solusi untuk mengubah persepsi publik mengenai citra brand SMA Trimurti Surabaya agar mendapatkan perhatian publik dengan tujuan meningkatkan jumlah pendaftar peserta didik baru. Penelitian ini membahas mengenai strategi public relations SMA Trimurti Surabaya dalam melakukan rebranding sebagai sekolah swasta di Surabaya yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan metode penelitian studi kasus. Teori yang digunakan oleh peneliti, yaitu strategi public relations dalam menangani krisis milik Wasesa & Macnamara. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dengan narasumber yang terlibat saat penerapan strategi public relations dalam melakukan rebranding, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti adalah : Adanya perebutan pasar antar SMA Swasta di Surabaya, problem kredibilitas SMA Trimurti Surabaya di tengah krisis, serta inkonsistensi tujuan rebranding antara International School atau National School. Sehingga menghasilkan strategi public relations, yaitu menganalisis krisis dan problematika, melakukan perbaikan sistem manajemen, menunjuk brand consultant sebagai pihak eksternal untuk melakukan rebranding, mengoptimalkan aktivitas publikasi menggunakan Instagram dan website, serta menerapkan aktivitas public relations, yaitu publikasi untuk memberikan informasi sekaligus membangun citra kepada khalayak, melakukan lobbying dan negoisasi, serta peduli komunitas, dilakukan oleh kepala sekolah Trimurti Senior High School yang bergabung dengan komunitas sekolah terapan di Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandi NIDN0715108903 UNSPECIFIED Thesis advisor Krisdinanto, Nanang NIDN0726126602 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Strategi public relations, krisis, rebranding, public relations, studi kasus |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | HASVITA MAULIEM |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 08:51 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 08:51 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27734 |
Actions (login required)
View Item |