Rancangan perbaikan tata letak gudang plasterboard di PT Petrojaya Boral Plasterboard, Gresik Plant dengan metode class based storage dan penerapan randomize storage

Kadarusman, Timothy Aurielle (2021) Rancangan perbaikan tata letak gudang plasterboard di PT Petrojaya Boral Plasterboard, Gresik Plant dengan metode class based storage dan penerapan randomize storage. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy

Abstract

PT Petrojaya Boral Plasterboard merupakan perusahaan manufaktur building material (gipsum) dengan produk unggulan papan gipsum. Pada gudang produk jadi area plasterboard didapati penataan produk yang acak dan produk yang berbeda diletakkan pada row yang sama. Selain itu, aliran FIFO (First In First Out) tidak berjalan lancar. Pada penelitian ini, dilakukan perbaikan tata letak gudang produk jadi dengan menggunakan metode class-based storage dengan produk dibagi menjadi tiga kelas, yaitu A (fast moving), B (medium moving), dan C (slow moving). Untuk mengatasi aliran FIFO, disediakan row khusus untuk meletakkan produk lama yang tersisa pada row utama, supaya produk sisa yang berada di ujung row tidak tertutup oleh hasil produksi baru. Row khusus menerapkan penempatan dengan metode randomize storage. Penelitian ini juga melakukan perhitungan dan perbandingan utilitas gudang dan Material Handling Cost (MHC) antara gudang awal dan juga gudang usulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang masuk ke dalam kelas A yaitu Papan 9 mm type A dan Papan 9 mm Technical, kelas B yaitu Papan bertekstur, dan kelas C yaitu Papan 9 mm type B. Pada layout usulan dapat menurunkan total distance sebesar 709,3 m. Utilitas ruang meningkat sebesar 8,53% dan utilitas row meningkat 1,82% dan yang terakhir MHC dapat menghemat 10,23%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sianto, Martinus Edy
NIDN0710047201
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartanti, Lusia Permata Sari
NIDN0717078402
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Class based storage, randomized storage, tata letak gudang, material handling cost, utilitas ruang.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Timothy Aurielle Kadarusman
Date Deposited: 06 Jan 2022 08:07
Last Modified: 06 Jan 2022 08:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27781

Actions (login required)

View Item View Item