Analisis kecacatan produk hollow di PT Sukses Expamet dengan metode fault tree analysis (FTA) dan failure mode and effect analysis (FMEA)

Pratama, Yosep Aldhi (2021) Analisis kecacatan produk hollow di PT Sukses Expamet dengan metode fault tree analysis (FTA) dan failure mode and effect analysis (FMEA). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

PT. Sukses Expamet merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur untuk produksi rangka atap baja ringan. PT. Sukses Expamet sudah berdiri sejak 1988 hingga sekarang. PT. Sukses Expamet memasarkan produknya ke beberapa daerah yang ada di Jawa, Bali, dan Sulawesi. PT. Sukses Expamet memiliki permasalahan terkait kualitas yaitu pada produk hollow. Berdasarkan data yang peneliti dapatkan selama tanggal 15 Juni - 13 September 2021 terdapat jumlah defect sebesar 27450 (8,7%) hollow dari total produksi sebesar 316592 (91,3%). Jenis defect yang dominan terjadi pada produk hollow adalah clamp terlepas, produk terkikis, produk bergelombang. Perusahaan perlu menelusuri penyebab defect/cacat yang terjadi untuk menurunkan angka tersebut agar kualitas produk yang dihasilkan tetap memenuhi spesifikasi dari pelanggan dan target produksi dapat tercapai. Metode yang digunakan untuk menganalisis penyebab defect/cacat pada penelitian ini adalah FTA dan FMEA. Dari penelitian ini dilakukan analisis penyebab defect/cacat dari setiap jenis defect/cacat yang ada dan diberikan usulan perbaikan dari hasil analisis tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan FTA (Fault Tree Analysis) dapat diketahui faktor yang menjadi penyebab defect clamp terlepas, produk terkikis dan produk bergelombang pada produk Hollow di PT. Sukses Expamet yaitu faktor manusia, material dan mesin. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) dapat dilakukan usulan perbaikan pada defect clamp terlepas, produk terkikis dan produk bergelombang pada produk Hollow di PT. Sukses Expamet, berdasarkan nilai RPN (Risk Priority Number) terbesar adalah usulan perbaikan pada defect clamp terlepas yaitu melakukan maintenance secara berkala pada mesin roll forming terutama pada ketinggian setiap roll, dan melakukan pengukuran ketebalan dan lebar, inspeksi material coil dan menyimpan material coil pada permukaan tanah yang rata, usulan perbaikan pada defect produk terkikis yaitu melakukan pengecekan ketebalan dan lebar coil dengan alat ukur sebelum melakukan produksi, dan usulan perbaikan pada defect produk bergelombang yaitu melakukan setup material terhadap mesin uncoiler roll forming dengan benar dan memasangnya ke mesin roll forming secara simetris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Trihastuti, Dian
NIDN0007018201
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Santosa, Hadi
NIDN0727105901
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas, defect, FMEA, FTA.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Yosep Aldhi Pratama
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:09
Last Modified: 10 Jan 2022 01:09
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/27989

Actions (login required)

View Item View Item