Santoso, Zha Zha Elenita (2021) Konsumen atau 'bucin' idol? (Studi netnografi interaktivitas E-WOM pada followers twitter tokopedia). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (697kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (487kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Krisis kepercayaan konsumen yang menyebabkan turunnya reputasi perusahaan E-Commerce dapat dipulihkan dengan menggunakan artis sebagai brand ambassador. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana interaktivitas e-WOM yang dilakukan followers @tokopedia di Twitter dan pemaknaannya pada konten yang menampilkan idol K-Pop yang mendorong mereka untuk memiliki trust pada Tokopedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deksriptif dengan metode netnografi dimana peneliti menggabungkan diri menjadi bagian dari followers @tokopedia dan mengikuti budaya interaksi yang ada di sana. Peneliti melakukan observasi mendalam sambil berinteraksi dengan followers K-Popers @tokopedia yang menggunakan fan account. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan komentar pada konten @tokopedia yang menunjukkan tingginya aktivitas interaktivas e-WOM, melakukan wawancara mendalam dengan informan yang merupakan followers K-Popers @tokopedia, dan membuat catatan lapangan. Analisis data menggunakan software Nvivo 12 yang hasilnya peneliti maknai dan kaitkan dengan rumusan masalah. Peneliti menemukan bahwa interaktivitas e-WOM yang dilakukan followers K-Popers @tokopedia di Twitter memungkinkan adanya relasi sosial maya, komentar yang menjadi konten publik, dan admin persona sebagai aktor komunikasi. Komunikasi e-WOM yang dilakukan followers dalam membicarakan Tokopedia dilatarbelakangi motif pemujaan terhadap idol, bias fanbase serta selebritas Twitter sebagai opinion leader dibantu dengan kehadiran volunteer e-WOM. Pemaknaan tentang Tokopedia sebagai perusahaan yang pantang menyerah dalam melengkapi kebutuhan konsumen, kreatif dalam memenuhi keinginan pasar, dan dekat dengan konsumennya melalui konten K-Pop @tokopedia serta perilaku adminnya menjadi modal followers untuk memiliki trust mengikuti akun @tokopedia dan menggunakan aplikasi Tokopedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Krisdinanto, Nanang NIDN0726126602 UNSPECIFIED Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandy NIDN0715108903 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Interaktivitas e-WOM, brand ambassador, followers, pemaknaan, trust |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Zha Zha Elenita Santoso |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 02:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 07:03 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28000 |
Actions (login required)
View Item |