Konsumen atau 'bucin' idol? (Studi netnografi interaktivitas E-WOM pada followers twitter tokopedia)

Santoso, Zha Zha Elenita (2021) Konsumen atau 'bucin' idol? (Studi netnografi interaktivitas E-WOM pada followers twitter tokopedia). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Krisis kepercayaan konsumen yang menyebabkan turunnya reputasi perusahaan E-Commerce dapat dipulihkan dengan menggunakan artis sebagai brand ambassador. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana interaktivitas e-WOM yang dilakukan followers @tokopedia di Twitter dan pemaknaannya pada konten yang menampilkan idol K-Pop yang mendorong mereka untuk memiliki trust pada Tokopedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deksriptif dengan metode netnografi dimana peneliti menggabungkan diri menjadi bagian dari followers @tokopedia dan mengikuti budaya interaksi yang ada di sana. Peneliti melakukan observasi mendalam sambil berinteraksi dengan followers K-Popers @tokopedia yang menggunakan fan account. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan komentar pada konten @tokopedia yang menunjukkan tingginya aktivitas interaktivas e-WOM, melakukan wawancara mendalam dengan informan yang merupakan followers K-Popers @tokopedia, dan membuat catatan lapangan. Analisis data menggunakan software Nvivo 12 yang hasilnya peneliti maknai dan kaitkan dengan rumusan masalah. Peneliti menemukan bahwa interaktivitas e-WOM yang dilakukan followers K-Popers @tokopedia di Twitter memungkinkan adanya relasi sosial maya, komentar yang menjadi konten publik, dan admin persona sebagai aktor komunikasi. Komunikasi e-WOM yang dilakukan followers dalam membicarakan Tokopedia dilatarbelakangi motif pemujaan terhadap idol, bias fanbase serta selebritas Twitter sebagai opinion leader dibantu dengan kehadiran volunteer e-WOM. Pemaknaan tentang Tokopedia sebagai perusahaan yang pantang menyerah dalam melengkapi kebutuhan konsumen, kreatif dalam memenuhi keinginan pasar, dan dekat dengan konsumennya melalui konten K-Pop @tokopedia serta perilaku adminnya menjadi modal followers untuk memiliki trust mengikuti akun @tokopedia dan menggunakan aplikasi Tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Interaktivitas e-WOM, brand ambassador, followers, pemaknaan, trust
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Zha Zha Elenita Santoso
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:47
Last Modified: 11 Jan 2022 07:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28000

Actions (login required)

View Item View Item