Laporan kerja praktek PT. Hasil Abadi Perdana 21 Juni-21 Agustus 2021

Cahyono, Jessica and Christina, Kezia Gita Trustha (2021) Laporan kerja praktek PT. Hasil Abadi Perdana 21 Juni-21 Agustus 2021. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9] Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (150kB)

Abstract

PT. Hasil Abadi Perdana merupakan suatu perusahaan pengelolahan minyak goreng kelapa sawit yang terletak di Jalan Raya Rungkut Industri II nomor 8, Surabaya. Perusahaan ini, memiliki luas lahan seluas 13.550 m2. PT. Hasil Abadi Perdana didirikan pada tahun 15 November 1983 sesuai dengan Berita Negara tanggal 27 Juli 1984 No. 60, Tembusan Berita Negara Nomor 762/1984. Kemudian, pada tahun 1985 perusahaan ini memulai kegiatan komersialnya sebagai pabrik pengelolahan minyak goreng kelapa sawit dan kelapa. Selanjutnya, pada 3 tahun pertama persediaan bahan baku yang dibutuhkan sangatlah melimpah. Namun mulai tahun 1988, perusahaan ini lebih berfokus pada pengelolahan minyak kelapa sawit. Hal tersebut disebabkan bahan baku minyak kelapa yang mulai berkurang dan permintaan pasar juga lebih mengarah pada minyak goreng kelapa sawit. Selanjutnya, pada tanggal 10 April 1999 kepemilikan PT. Hasil Abadi Perdana diambil alih sepenuhnya oleh Bapak Dipl. Ing. HarjantoTjokrosetio. Dibawah kepemimpinan beliau, PT Hasil Abadi Perdana (HAP) mengalami banyak sekali perbaikan dan pengembangan. Pada tahun 2003, perusahaan mulai menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO dan Sistem Manajemen Keamanan Pangan HACCP. Lalu, Pada tahun 2007, perusahaan ini tidak lagi menggunakan Sistem Manajemen Pangan HACCP namun beralih menggunakan Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000. Pada tahun 2013, perusahan mulai beralih menggunakan FSCC. Sertifikasi FSCC tersebut merupakan skema sertifikasi keamanan pangan yang menciptakan sebuah kerangka kerja untuk manajemen dan pengendalian risiko keamanan pangan. Produk yang dihasilkan oleh PT. Hasil Abadi Perdana adalah bahan pembantu untuk industri seperti pada mie instan, health care, biscuit, oleochemical, dsb. Namun, perusahaan ini lebih berfokus pada industri pengelolahan minyak goreng kelapa sawit dengan merk Harco Mas, Ikan Mas, dan Jangkar Mas. Produk yang dihasilkan dari perusahaan ini dibedakan berdasarkan kulitas minyak goreng tersebut. Ikan Mas merupakan minyak goreng dengan kualitas tertinggi yang biasanya didistribusikan kepada industri industri yang menggunakannya untuk proses penggorengan. Jangkar Mas memiliki kualitas terendah berupa minyak curah yang dijual dipasaran. Terakhir, Harco Mas merupakan minyak dengan kualitas tengah karena biasanya minyak ini akan dilakukan pegelolahan kembali oleh suatu industri yang hendak melakukan proses pengemasan untuk dijadikan suatu produk dengan label atau merk yang baru.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soetaredjo, Felycia Edi
NIDN0702047702
felyciae@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 10339 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:21
Last Modified: 11 Jan 2022 07:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28206

Actions (login required)

View Item View Item