Dinamika self compassion pada ayah yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan mengikuti komunitas Parent Support Group (P3A) Keluarga Compassion

Paramartha, Taka Arvanta (2022) Dinamika self compassion pada ayah yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan mengikuti komunitas Parent Support Group (P3A) Keluarga Compassion. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (965kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Self compassion merupakan bagaimana sikap seseorang merespon suatu peristiwa menyakitkan atau menyedihkan dalam hidupnya dengan menekankan rasa pemahaman terhadap diri sendiri. Seorang ayah yang memiliki anak berkebutuhan khusus perlu memiliki adanya self compassion, hal ini untuk mengatasi berbagai tantangan-tantangan yang nantinya akan dihadapi oleh ayah dalam menerima maupun merawat anak berkebutuhan khusus. Self compassion sendiri dapat didapat melalui salah satunya komunitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana dinamika self compassion pada ayah yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan mengikuti komunitas Parent Support Group P3A Keluarga Compassion. Dengan metode penelitian kualitatif, peneliti melakukan wawancara kepada tiga informan yang merupakan seorang ayah yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan sedang mengikuti komunitas Parent Support Group P3A Keluarga Compassion. Melalui pendekatan studi kasus, terdapat hasil bahwa ketiga informan mengalami masa-masa yang sulit dalam menerima peristiwa tentang anak mereka yang memiliki kekurangan. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi ketiga informan dalam penerimaan mereka terhadap anak seperti faktor dukungan sosial, agama, dan lain-lain. Dalam prosesnya, ketiga informan yang mengikuti komunitas Keluarga Compassion mengalami kemudahan dalam membantu perkembangan self compassion dalam diri mereka. Selain mendapatkan kemudahan, informan juga mengalami penguatan dalam self compassion yang dimana informan menjadi lebih konsisten semenjak awalnya self compassion tersebut muncul. Keluarga Compassion memberikan beberapa kegiatan yang dapat membantu berkembangnya self compassion yaitu: 1) retret, 2) meditasi baik offline maupun online, 3) pemberian ajaran seputar ilmu kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Adhyatma, Made Dharmawan Rama
NIDN0724128705
made_dharmawan@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Mulya, Happy Cahaya
NIDN0703109401
happycahaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: self compassion, ayah, komunitas Keluarga Compassion
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: TAKA ARVANTA P .
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:31
Last Modified: 20 Jan 2022 08:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28208

Actions (login required)

View Item View Item