Pengaruh kebijakan dividen, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Indeks Kompas 100 periode 2016 – 2020

Putra, Reishen John (2021) Pengaruh kebijakan dividen, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Indeks Kompas 100 periode 2016 – 2020. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah kebijakan dividen, struktur kepemilikan (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan publik), dan ukuran perusahaan memiliki hubungan dengan nilai perusahaan. Desain penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Jenis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian berupa laporan tahunan seluruh perusahaan yang terdaftar pada Indeks Kompas 100 yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Sumber data laporan tahunan diperoleh dari BEI berupa data sekunder. Pengumpulan data sekunder menggunakan metode dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Kompas100 dengan masa periode 2016- 2020. Jumlah sampel berdasarkan metode purposive sampling adalah sejumlah 21 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan fixed effect model. Hasil dari penelitian ini adalah kebijakan dividen, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan kepemilikan publik dan ukuran perusahaan berpengaruh sifnifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berhubungan signifikan dengan nilai perusahaan, kepemilikan publik dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan mendukung teori keagenan (agency theory).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sunarjanto, Nekhasius Agus
NIDN0014126703
sunarjanto@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Gunawan, Erick Teofilus
NIDN0711029501
erick@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kebijakan dividen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan publik, ukuran perusahaan.
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Reishen John Putra
Date Deposited: 28 Jan 2022 00:42
Last Modified: 28 Jan 2022 00:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28334

Actions (login required)

View Item View Item