Tinjauan ilmiah studi sistem antarmuka dan desain alat bantu lengan karya Fatoni Zakaria Mustofa, Said Ryan Syareza, dan Wayan Reza Yuda Ade Prasetya

Sinaga, Leon Cicero (2020) Tinjauan ilmiah studi sistem antarmuka dan desain alat bantu lengan karya Fatoni Zakaria Mustofa, Said Ryan Syareza, dan Wayan Reza Yuda Ade Prasetya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (78kB)

Abstract

Lemah otot lengan adalah kondisi yang terjadi ketika lemahnya kinerja sinyal biolistrik otot-otot yang berada pada lengan. Lemah otot disebabkan adanya berbagai faktor penyebab salah satunya plexus brachialis injury. Plexus brachialis injury merupakan cidera atau trauma yang terjadi pada plexus brachialis dengan menyebabkan lengan yang cidera akan mengalami penurunan kekuatan otot dan penurunan sensasi, sehingga aktifitas fungsional pada lengan mengalami penurunan. Hal yang menyebabkan terjadinya plexus brachialis injury ialah hantaman, tertembak atau tertusuk, dan tarikan yang kuat secara tiba-tiba pada lengan atau leher. Plexus brachialis injury mengakibatkan terputus, terjepitnya saraf atau bahkan avulsi akar saraf pada plexus brachialis. Oleh karena itu perlu adanya alat bantu yang dimulai dengan mobilisasi bertahap untuk membantu aktifitas dan memperbaiki fungsi motorik lengan dan sekitarnya. Untuk mendukung lemah otot siku lengan tentu diperlukannya sebuah alat yang dapat memberikan dorongan berupa gerakan terhadap siku lengan untuk membantu menahan beban berat pada bagian lengan atas. Dalam rangka memberikan informasi tentang aplikasi teknologi elektro pada alat bantu siku lengan, penulis bermaksud menghasilkan suatu tinjauan ilmiah mengenai berbagai aplikasi teknologi elektro pada alat bantu siku lengan berikut dengan penjelasan, perbandingan, dan ulasan kelemahan oleh penulis dari masing-masing alat yang dituliskan pada tinjauan ilmiah ini. Dengan adanya tulisan ini diharapkan pembaca dapat lebih memahami tentang alat bantu siku lengan dan aplikasi teknologinya. Hasil dari penulisan tinjauan ilmiah ini adalah berupa ulasan dan perbandingan kekurangan dan kelebihan sistem antarmuka IC dan I/O, dan desain alat dari beberapa aplikasi teknologi alat bantu siku lengan. Kesimpulan yang didapatkan penulis dari tinjauan ilmiah ini adalah alat bantu siku lengan dengan kasus lemah otot untuk menahan beban berbasis electromyograph karya fatoni zakaria mustofa memiliki perancangan sistem antarmuka IC dan I/O, dan desain alat yang paling baik dari beberapa aplikasi teknologi alat bantu siku lengan yang diberikan pada laporan tinjauan ilmiah ini.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sitepu, Rasional
NIDN0727036201
rasional@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: lemah otot, aplikasi teknologi, alat bantu siku lengan, perbandingan, ulasan kelemahan, sistem antarmuka, desain alat, tinjauan ilmiah.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Leon Cicero Sinaga
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:53
Last Modified: 14 Jan 2022 02:53
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/28402

Actions (login required)

View Item View Item