Laporan kerja praktek PT. Sinar Indah Kertas II 1 Juli - 14 Agustus 2021

Sulistyo, Carlos David (2021) Laporan kerja praktek PT. Sinar Indah Kertas II 1 Juli - 14 Agustus 2021. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[thumbnail of BAB 9] Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

PT. Sinar Indah Kertas merupakan pabrik yang memproduksi kertas corrugated medium dalam bentuk gulungan atau roll. PT. Sinar Indah Kertas memiliki 2 paper mill plant yaitu Sinar Indah Kertas I yang berdiri pada tahun 2000 yang berlokasi di Jalan Raya Pati – Kudus KM 4 dan Sinar Indah Kertas II yang berdiri pada tahun 2010 yang berlokasi di Jalan Raya Kudus – Pati KM 14. Proses produksi kertas Corrugated Medium di PT. Sinar Indah Kertas II dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu Stock Preparation, Paper Machine, dan Finishing. Stock Preparation merupakan bagian yang berfungsi untuk menyiapkan buburan kertas dari bahan baku yang berupa kertas mixwaste dan kertas kardus, mulai dari pengecilan ukuran dan pembersihan buburan kertas dari pengotor. Paper Machine merupakan bagian yang berfungsi untuk memproduksi kertas mulai dari pembentukan formasi kertas dari buburan kertas hingga pengeringan kertas. Finishing merupakan bagian yang berfungsi untuk merapikan gulungan kertas serta memotong gulungan kertas sesuai dengan pesanan pelanggan. PT. Sinar Indah Kertas II memiliki pengendalian kualitas pada buburan kertas dan kertas corrugated medium yang diproduksi untuk menjaga agar produk yang dihasilkan sesuai dengan pesanan pelanggan. PT. Sinar Indah Kertas II menggunakan beberapa utilitas untuk mendukung proses produksi meliputi air yang berfungsi untuk kebutuhan produksi, saturated steam untuk mensuplai panas pada dryer, dan listrik untuk mengoprasikan alat-alat produksi. PT. Sinar Indah Kertas II juga memiliki Unit Pengolahan Limbah untuk mengolah limbah hasil produksi agar air dapat digunakan kembali untuk proses produksi ataupun dibuang kelingkungan dengan baku mutu yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Unit Pengolahan Limbah dibagi menjadi beberapa proses utama meliputi sedimentasi, screening menggunakan vertikal screen, pemisahan buburan menggunakan krofta, dan pengolahan secara biologis menggunakan kolam aerasi. Salah satu masalah yang sering terjadi pada Paper Machine adalah kertas putus atau web break yang mana dapat menghambat proses produksi serta menurunkan kapasitas produksi akibat beberapa kertas yang hilang atau loss serta waktu yang hilang untuk pembersihan mesin dari kertas-kertas yang putus. Beberapa penyebab web break yaitu terbentuknya slime, endapan lengket dari aditif, komposisi dan kualitas buburan, %Moisture kertas, dan performa alat yang kurang maksimal. Web break dapat diminimalisir dengan beberapa cara seperti mengidentifikasi web break dengan sistem monitoring dan inspeksi serta penambahan beberapa alat pada Paper Machine. Apabila web break dapat diminimalisir maka produk yang dihasikan akan sesuai dengan target serta proses produksi menjadi lebih stabil sehingga akan lebih memungkinan untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan menaikkan kecepatan mesin pada Paper Machine.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Lourentius, Suratno
NIDN0706045901
suratno.lourentius@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 10426 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:53
Last Modified: 17 Jan 2022 03:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28512

Actions (login required)

View Item View Item