Pengaruh Ephemeral Content dan E- WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya

Mettan, Santho Vlennery and Sancoko, Aldo Hardi (2021) Pengaruh Ephemeral Content dan E- WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya. Pengaruh Ephemeral Content dan E- WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya, 19 (2). pp. 86-110. ISSN 1693-8224-Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4

[thumbnail of Pengaruh Ephemeral Content dan E-  WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya] Text (Pengaruh Ephemeral Content dan E- WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya)
1-Pengaruh_ephemeral_content_.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of Pengaruh Ephemeral Content dan E-  WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya _peer_review_] Text (Pengaruh Ephemeral Content dan E- WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya _peer_review_)
1-R1&2-Pengaruh_ephemeral_.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of Pengaruh Ephemeral Content dan E-  WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya] Text (Pengaruh Ephemeral Content dan E- WOM terhadap Purchase Intention Millenial Customers pada UMKM Industri Kuliner di Surabaya)
1-Pengaruh_ephemeral_content__Hasil Cek Similarity (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Generasi Millennials di Indonesia tahun 2020 - 2030 diperkirakan mencapai 70% dari penduduk produktif (BPS 2018) yang tidak dapat lepas dari internet dan media sosial (Harahap 2017). Karena fakta itu, (Hsu 2018; Benini 2018) mengklaim bahwa generasi millenials takut tertinggal konten yang sifatnya fana (ephemeral content) yang dalam waktu 24 jam akan menghilang sehingga banyak platform media sosial dilengkapi fitur konten fana ini dan perusahaan menggunakan strategi konten fana untuk meraih konsumen lebih banyak. UMKM di sisi lain memiliki pengetahuan tentang konten fana yang rendah, padahal 84% millenials membeli produk karena pengaruh media sosial yang mana terdapat konten fana di dalamnya (Boen 2016). Kata dari mulut-ke-mulut (word-of-mouth) hingga saat ini pun masih berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Bersamaan dengan perubahan ke era digital, WOM dipercepat dengan bantuan internet (e-WOM) dimana banyak bisnis menggunakan sosial media atau platform daring lainnya untuk mempromosikan bisnis. Tujuan ditelitinya konten fana dan e-WOM ini diharapkan membantu UMKM dalam menyusun strategi meningkatkan minat beli pelanggannya. Hasil menunjukkan kedua variabel konten fana dan word-of-mouth dengan bantuan internet sama-sama berpengaruh signifikan pada intensi pembelian pelanggan, khususnya pada generasi millennial dengan objek usaha mikro, kecil, dan menengah di Kota Surabaya. Prospek UMKM untuk meningkatkan nilainya masa depan dapat melalui implementasi konten fana di media sosialnya yang secara otomatis meningkatkan e-WOM dari pelanggan.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4
Uncontrolled Keywords: ephemeral content, e-WOM, millennial, minat beli
Subjects: Entrepreneurship
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:18
Last Modified: 18 Jan 2022 02:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28685

Actions (login required)

View Item View Item