Hubungan stres dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang menjalani perkuliahan daring

Erningsetiti, Reyna Ayu (2022) Hubungan stres dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang menjalani perkuliahan daring. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
YUDISIUM_PSIGSL21-22_Reyna_7103017073_ABSTRAK(2).pdf

Download (545kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
YUDISIUM_PSIGSL21-22_Reyna_7103017073_BAB 1.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
YUDISIUM_PSIGSL21-22_Reyna_7103017073_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
YUDISIUM_PSIGSL21-22_Reyna_7103017073_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
YUDISIUM_PSIGSL21-22_Reyna_7103017073_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
YUDISIUM_PSIGSL21-22_Reyna_7103017073_BAB5.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
YUDISIUM_PSIGSL21-22_Reyna_7103017073_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar mahasiswa mengalami perubahan ketika perkuliahan dalam jaringan. Dari 37 mahasiswa, 15 mahasiswa mengalami kenaikan Indeks Prestasi Semester dengan rataan 1,34, dan 12 mengalami penurunan IPS dengan rataan 0,2 . Mahasiswa mengeluhkan banyak tekanan untuk meraih prestasi belajar saat itu. Tekanan berupa jaringan internet, kuota. Prestasi belajar adalah kemampuan mengikuti pembelajaran dalam periode tertentu untuk mencapai suatu standart, diukur dengan menggunakan instrument alat ukur prestasi belajar, kemudian disampaikan dalam beraham bentuk seperti: simbol, angka, huruf, ataupun kalimat. Stres adalah kondisi diskrepansi antara individu dengan kondisi biopsikososial. Penelitian menggunakan uji korelasi Kendal Tau-b. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa aktif semester genap 2020/2021, dengan teknik sampling: purposive sampling. Skala yang digunakan adalah skala stres yang dibuat oleh peneliti dari buku Saraffino dengan jumlah 20 Item valid yang digunakan, serta skor reliabilitas 0,973. Hasil penelitian menunjukan korelasi sebesar p=0,451 (p<0,05); artinya tidak ada hubungan stres dengan prestasi belajar pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Prestasi belajar dominan pada sangat memuaskan dan memuaskan, dengan tingkat stres rendah dan sangat rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh banyaknya penggunaan teknologi, aktivitas support class, dan aplikasi belajar yang terintegrasi. Keterbatasan penelitian adalah peneliti tidak melakukan konfirmasi nilai dengan badan administrasi kemahasiswaan universitas. Kata Kunci: stres, perkuliahan dalam jaringan, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Christanti, Dessi
NIDN0711127201
dessi@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Engry, Agustina
NIDN0718089102
agustina-engry@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: stres, perkuliahan dalam jaringan, prestasi belajar., online lectures, learning achievement.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: reyna ayu erningsetiti
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:44
Last Modified: 25 Jan 2022 07:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28711

Actions (login required)

View Item View Item