Pengaruh customer value terhadap customer satisfaction pada Fakultas Teknik Unika Widya Mandala Surabaya

Gandakusuma, Mario (2009) Pengaruh customer value terhadap customer satisfaction pada Fakultas Teknik Unika Widya Mandala Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi adalah salah satu tempat studi setelah SMU. Perguruan tinggi berfungsi sebagai suatu lembaga untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi dunia kerja. Saat ini terdapat banyak perguruan tinggi di Surabaya. Hal ini mengakibatkan munculnya persaingan antar perguruan tinggi. Saat ini persaingan tidak hanya dalam hal biaya saja, tetapi sudah mengarah ke kualitas produk dan jasa. Tidak tertutup kemungkinan masyarakat akan memilih suatu perguruan tinggi yang mematok biaya tinggi tetapi memiliki kualitas produk dan pelayanan lebih baik. Harapan mahasiswa saat ini adalah memperoleh pendidikan dan keahlian yang baik dan dapat dijadikan sebagai bekal di dunia kerja, jika harapan ini terpenuhi maka mereka akan merasa puas dan dengan sendirinya akan mereferensikan perguruan tinggi tersebut. Berdasarkan pernyataan tersebut maka kepuasaan pelanggan (customer satisfaction) adalah suatu hal yang harus diperhatikan oleh suatu perguruan tinggi. Kepuasan pelanggan tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah nilai pelanggan (customer value). Customer value ini terdiri dari tujuh dimensi yaitu environtmental, sensory, interpersonal, procedural, deliverable, informational, dan financial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh cusomer value secara simultan dan parsial terhadap customer satisfaction Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Customer satisfaction merupakan variabel terikat (Y), sedangkan customer value adalah variabel bebas (X), dimana environtmental (X1), sensory (X2), interpersonal (X3), procedural (X4), deliverable (X5), informational (X6), dan financial (X7). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari kuisioner yang diisi oleh responden. Responden adalah mahasiswa fakultas teknik yang masih terhitung sebagai mahasiswa aktif (mengikuti perkuliahan pada semester ganjil 2008) dan tidak sedang berada pada semester satu. Sampel yang diambil sebanyak 163 sampel. Alat pengukuran menggunakan skala Likert, dan diolah menggunakan analisis regresi berganda, dengan melakukan uji-uji seperti analisa deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (multikolineritas, heterokedastisitas, autokorelasi), uji hipotesis (uji F dan t). Hasil penelitian yang diperoleh menyebutkan bahwa customer value berpengaruh secara simultan dan parsial pada customer satisfaction Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Nilai Adjusted R2 adalah 0,786 artinya variabel X (environtmental, sensory, interpersonal, procedural, deliverable, informational, dan financial) mempengaruhi variabel Y (keputusan konsumen) sebesar 78,6%, sisanya sebesar 21,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perguruan tinggi, customer satisfaction, customer value
Subjects: Business
Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:11
Last Modified: 26 Jun 2015 08:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item