Pengaruh keterlibatan keluarga dan mekanisme tata kelola internal perusahaan terhadap nilai perusahaan keluarga di Indonesia

Mole, Julia Paulin Nola (2022) Pengaruh keterlibatan keluarga dan mekanisme tata kelola internal perusahaan terhadap nilai perusahaan keluarga di Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB1] Text (BAB1)
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran keterlibatan keluarga dalam mekanisme tata kelola internal terhadap nilai perusahaan keluarga di Indonesia. Variabel dependen yang digunakan adalah nilai perusahaan dan variabel independen adalah kepemilikan keluarga, kehadiran CEO founder, keterlibatan keluarga dalam dewan direksi dan komisaris, serta ukuran dewan direksi dan komisaris independen. Penelitian ini juga menambahkan usia dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan bersumber dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan keluarga yang terdaftar di BEI selama periode tahun 2016-2020. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel sebanyak 150 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan ialah Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsentrasi kepemilikan keluarga memiliki hubungan non-monotonik atau membentuk hubungan parabolik dengan nilai perusahaan. Kehadiran CEO founder dan keterlibatan keluarga dalam dewan komisaris secara signifikan tidak nilai perusahaan. Disamping itu dewan komisaris independen juga menunjukkan tidak berpengaruh signifikan pada nilai perusahaan. Sebaliknya, ukuran dewan komisaris berpengaruh positif signifikan pada nilai perusahaan. Secara keseluruhan, penelitian ini mendukung teori keagenan bahwa perusahaan keluarga menggunakan mekanisme internal berupa kepemilikan dan keterlibatan keluarga dalam dewan komisaris dalam mengurangi masalah keagenan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Roida, Herlina Yoka
NIDN0722027501
Yokaroida@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Gunawan, Erick Teofilus
NIDN0711029501
Erick@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan, tata kelola internal perusahaan, perusahaan keluarga, masalah keagenan, teori keagenan dan teori stewardship.
Subjects: Business
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Julia Paulin Nola Mole
Date Deposited: 24 Jan 2022 23:00
Last Modified: 18 Jul 2022 03:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28973

Actions (login required)

View Item View Item