Komunikasi Mulut ke Mulut (KMM) dan iklan terhadap perilaku membeli Aqua Splash of Fruit

Ruswitasari, Septia Andini (2006) Komunikasi Mulut ke Mulut (KMM) dan iklan terhadap perilaku membeli Aqua Splash of Fruit. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Aktivitas pemasaran pada akhirnya diarahkan pada pemikiran-pemikiran agar suatu barang yang dipasarkan harus dapat dirasakan sebagai suatu kebutuhan oleh konsumen. Apabila konsumen yang memiliki perasaan butuh akan suatu barang, maka dorongan-dorongan dan motivasi akan tercipta sehingga timbul perilaku yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ini yang disebut perilaku membeli. Strategi pemasaran yang berkaitan dengan perilaku membeli langsung dikenal dengan istilah 4P yaitu meliputi: pemasaran suatu produk yang konkrit, sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen (product), penetapan harga yang sesuai bagi konsumen sebagai target pasar (price), penyaluran dan penempatan produk yang efektif (place), dan yang tidak kalah penting adalah faktor promosi (promotion), yaitu pemberian informasi mengenai suatu produk dengan merek tertentu yang ditujukan kepada konsumen. Salah satu bentuk promosi yang sering digunakan adalah iklan. Iklan merupakan suatu metode dari fungsi penjualan yang bertujuan untuk membantu melancarkan pemindahan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Di dalam iklan terkandung kekuatan untuk mempersuasi pemirsanya agar membeli barang-barang yang ditawarkan, tetapi barang yang ditawarkan belum tentu sebaik pada iklan. Hal-hal yang baik mengenai barang-barang atau jasa-jasa memang sengaja ditampilkan pada iklan mereka, sedangkan hal-hal yang kurang baik memang secara sengaja tidak ditampilkan pada iklan, untuk itulah konsumen harus mengetahui produk yang baik untuk mereka dan produk yang kurang baik untuk mereka. Konsumen biasanya menanyakan terlebih dahulu kepada ternan, tetangga atau keluarga mengenai produk yang akan dibelinya. Informasi dari mereka dapat mengurangi resiko pembelian karena konsumen terlebih dahulu bisa melihat dan mengamati produk yang akan dibelinya. Proses penyebaran ini lebih dikenal sebagai Komunikasi dari Mulut ke Mulut (KMM). KMM sangat berkaitan dengan pengalaman penggunaan suatu merek produk. Pengalaman menggunakan merek produk tersebut akan menimbulkan rasa puas jika merek produk yang digunakan mampu memenuhi harapan konsumen, dan sebaliknya akan merasa tidak puas jika penggunaan merek produk tidak sesuai dengan harapan sebelumnya. Subyek penelitian (N = 80) adalah warga Perumahan Griyo Mapan Sentosa Kelurahan Tambaksawah, Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 40 orang adalah individu yang pernah membeli Aqua Splash of Fruit karena mendapat pengaruh dari KMM dan 40 orang adalah individu yang pernah membeli Aqua Splash of Fruit karena mendapat pengaruh setelah melihat iklan Aqua Splash of Fruit di televisi. Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan skala. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Analisis regresi KMM dengan perilaku membeli menghasilkan koefisien 0.693 dengan nilai p 0.000 (p<0.05), artinya ada pengaruh yang signifikan dari variabel bebas (KMM) terhadap variabel tergantung (perilaku membeli Aqua Splash of Fruit). Analisis regresi iklan dengan perilaku membeli menghasilkan koefisien 0.444 dengan nilai p 0.004 (p<0.05), artinya ada pengaruh yang signifikan dari variabel bebas (iklan) terhadap variabel tergantung (perilaku membeli Aqua Splash of Fruit).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: KMM, iklan, dan perilaku membeli
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 05:04
Last Modified: 23 Jun 2015 05:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item View Item