Optimasi faktor kontrolmultiple variable pada proses pengolahan nugget tempe dengan metode taguchi

Mulyono, Ignatius Joko, Rahayu, Dini Endah S and Budianta, Tarsisius Dwi Wibawa (2013) Optimasi faktor kontrolmultiple variable pada proses pengolahan nugget tempe dengan metode taguchi. In: Seminar Nasional Indisco 5 th 2013, 24-25 September 2013, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

[thumbnail of Proceeding Seminar Nasional Industrial Design Seminar and Competition 2013] Text (Proceeding Seminar Nasional Industrial Design Seminar and Competition 2013)
Prosiding Optimasi Faktor Kontrol Nugget Tempe Metode Taguchi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50% dari konsumsi kedelai Indonesia diperoleh dalam bentuk tempe. Tempe mempunyai daya simpan yang singkat. Tempe yang tidak dilakukan pengolahan atau penanganan lebih lanjut akan cepat mengalami pembusukan. Untuk memperpanjang masa simpan tempe, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat nugget tempe. Nugget tempe merupakan salah satu inovasi produk olahan tempe. Penentuan mutu bahan makanan pada umumnya sangat bergantung pada beberapa faktor diantaranya citarasa, warna, kekenyalan, dan nilai gizi. Metode Taguchi adalah salah satu metode yang digunakan dalam kegiatan off line quality control pada tahap desain proses produksi. TOPSIS (Technique For Other Reference by Similarity to Ideal Solution) adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria. Dalam penelitian ini dilakukan eksperimen untuk menentukan parameter pengolahan nugget tempe yang menghasilkan tempe yang disukai konsumen. Kriteria kualitas nugget tempe yang disukai konsumen sebanyak tiga (multicriteria) yaitu rasa, warna dan kekenyalan. Dalam penelitian ini dilakukan eksperimen proses pengolahan nugget tempe dengan karakteristik kualitas lebih dari satu. Metode Taguchi digunakan untuk melakukan desain eksperimen sedangkan metode TOPSIS digunakan dalam menentukan prioritas kombinasi parameter proses yang dengan karakteristis kualitas rasa, warna dan kekenyalan. Kombinasi parameter proses dalam penelitian ini adalah kombinasi jumlah tepung terigu, tepung tapioca dan tepung maizena yang digunakan. Dari hasil uji responden didapatkan kombinasi tepung yang berbeda untuk setiap karakteristik kualitas. Dengan menggunakan metode TOPSIS didapatkan kombinasi tepung yang terbaik untuk mengolah nugget tempe yaitu tepung terigu 8%, tepung maizena 2 % dan tepung tapioca 2%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: nugget tempe, taguchi, TOPSIS
Subjects: Agriculture and Food Technology
Engineering
Divisions: Proceeding > Faculty of Engineering
Depositing User: Tarsisius Dwi Wibawa Budianta
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:44
Last Modified: 14 Mar 2022 02:44
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/29461

Actions (login required)

View Item View Item