Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Offset Cd6 di Industri Offset Printing

Anrinda, Maybella, Sianto, Martinus E. and Mulyana, Ig. Jaka (2021) Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Offset Cd6 di Industri Offset Printing. In: Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (RITEKTRA), 12 Agustus 2021, Bandung, Indonesia.

[thumbnail of Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Offset Cd6 di Industri Offset Printing] Text (Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Offset Cd6 di Industri Offset Printing)
9p-Analisis_perhitungan_OEE_ritektra_.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Offset Cd6 di Industri Offset Printing_peer_review_] Text (Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Offset Cd6 di Industri Offset Printing_peer_review_)
9p-R1&2-Analisis_perhitungan_OEE_ritektra_Bambang.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Offset Cd6 di Industri Offset Printing] Text (Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Offset Cd6 di Industri Offset Printing)
9p-Analisis_perhitungan_OEE_ritektra_Hasil Cek Similarity (Ref).pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. KOP adalah perusahaan dibidang percetakan yaitu label dan folding box. Namun perusahaan menghadapi masalah yang berkaitan dengan efektivitas mesin atau peralatan. Seperti kerusakan pada mesin cetak offset CD6 diantaranya blanked dan roll tinta rusak dan hasil cetakan menjadi tidak rata. Akibat yang ditimbulkan dari kerusakan tersebut berdampak pada kualitas produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar. Dalam artikel ini akan dibahas perhitungan tingkat keefektifan mesin dengan formula perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) untuk engetahui apakah mesin sudah bekerja secara efektif. Perhitungan OEE dilakukan pada divisi Printing, yaitu mesin Offset CD6. Pengambilan data dilakukan secara langsung selama 10 minggu. Data yang dikumpulkan antara lain jumlah produksi, jumlah cacat, waktu produksi, waktu mesin rusak. Hasil perhitungan OEE menunjukkan bahwa nilai OEE Mesin Offset CD6 sebesar 42.03 %, masih di bawah standar perusahaan kelas dunia. Dengan mengetahui nilai OEE, diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan untuk meningkatkan efektivitas mesin.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Offset printing, Overall Equipment Effectiveness (OEE)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:28
Last Modified: 06 Apr 2022 03:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29606

Actions (login required)

View Item View Item