Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa SMPN 1 Madiun

Arntari, Gladysa Eta (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa SMPN 1 Madiun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 1 Madiun perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan Adversity Quotient karena banyaknya nilai yang belum memenuhi KKM. Adversity Quotient dapat mempengaruhi dalam proses pemecahan masalah matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa diukur menggunakan tahap-tahap Polya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1 Madiun pada siswa disetiap kategori Adversity Quotient yaitu Quitters,Campers, dan Climbers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMPN 1 Madiun dan dipilih 4 siswa dari kelas tersebut untuk mewakili kategori campers dan climbers. Pemilihan subjek tersebut didasari oleh hasil skor tertinggi dari setiap interval skor per kategori yang diperoleh dari pengerjaan instrumen angket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Analisis tes kemampuan masalah matematika menggunakan pedoman empat tahap pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Aktivitas analisis data adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siswa kategori climbers siswa dapat melakukan semua tahapan Polya dan pada kategori clambers siswa mampu melakukan tiga tahapan Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, dan melaksanakan rencana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Metematika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ariyanti, Gregoria
NIDN0702017401
ariyantigregoria@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Analisis, kemampuan pemecahan masalah matematika, adversity quotient
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program
Depositing User: Gladysa Eta Arntari
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:03
Last Modified: 21 Mar 2022 02:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29616

Actions (login required)

View Item View Item