Pengukuran kepuasan siswa terhadap layanan pendidikan (studi kasus di SMA "W" Surabaya)

Mulyono, Julius and Mulyono, Joko (2014) Pengukuran kepuasan siswa terhadap layanan pendidikan (studi kasus di SMA "W" Surabaya). In: Seminar Nasional Teknik Industri 2014, 2-4 September 2014, Bukittinggi, ISBN : 978-602-9081-11-4.

[thumbnail of Pengukuran kepuasan siswa terhadap layanan pendidikan (studi kasus di SMA "W" Surabaya)] Text (Pengukuran kepuasan siswa terhadap layanan pendidikan (studi kasus di SMA "W" Surabaya))
23 Pengukuran Kepuasan Siswa terhadap Layanan Pendidikan.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kualitas adalah salah satu faktor penting bagi suatu organisasi untuk mempertahankan diri dalam kompetisi. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan kualitas produk (barang atau jasa) adalah persepsi atau harapan konsumen terhadap manfaat produk tersebut. Layanan pendidikan adalah salah satu layanan/jasa dengan konsumen utama para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan layanan pendidikan di suatu sekolah, termasuk atribut-atribut layanan yang perlu ditingkatkan. Pendapat konsumen, dalam hal ini para siswa, didapat melalui kuesioner untuk menilai berbagai layanan yang diberikan oleh sekolah. Data yang diolah merupakan pendapat 80% dari 262 siswa untuk memberi penilaian kepada 28 atribut layanan. Model Kano yang digunakan menunjukkan ada 3 atribut perlu ditingkatkan dan 19 atribut sudah memuaskan para siswa. Keunggulan sekolah terdapat pada atribut Ketersediaan Guru dan Kesesuaian Latar Belakang Guru terhadap Mata Pelajaran yang Diasuh. Kedua atribut ini masuk pada kategori Attraxtive

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kualitas jasa, pendidikan, siswa, model, kano, keunggulan
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding > Faculty of Engineering
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:07
Last Modified: 23 Mar 2022 06:07
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/29649

Actions (login required)

View Item View Item