Pengasuhan ibu dan nenek-kakek: keterkaitannya dengan penyesuaian keluarga dan perilaku bermasalah anak

Sumargi, Agnes Maria, Prasetyo, Eli and Andriono, Maria Angela (2020) Pengasuhan ibu dan nenek-kakek: keterkaitannya dengan penyesuaian keluarga dan perilaku bermasalah anak. Mediapsi, 6 (1). pp. 4-16. ISSN 2477-6459

[thumbnail of Pengasuhan ibu dan nenek-kakek: keterkaitannya dengan penyesuaian keluarga dan perilaku bermasalah anak] Text (Pengasuhan ibu dan nenek-kakek: keterkaitannya dengan penyesuaian keluarga dan perilaku bermasalah anak)
Pengasuhan kakek nenek_Final.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Pengasuhan ibu dan nenek-kakek: keterkaitannya dengan penyesuaian keluarga dan perilaku bermasalah anak] Text (Pengasuhan ibu dan nenek-kakek: keterkaitannya dengan penyesuaian keluarga dan perilaku bermasalah anak)
9-Pengasuhan_ibu_dan_kakek_nenek_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Pengasuhan Ibu dan Nenek-Kakek: Keterkaitannya dengan Penyesuaian Keluarga dan Perilaku Bermasalah Anak] Text (Pengasuhan Ibu dan Nenek-Kakek: Keterkaitannya dengan Penyesuaian Keluarga dan Perilaku Bermasalah Anak)
9. Pengasuhan_ibu_dan_nenek_Koresponden_.pdf

Download (258kB)

Abstract

Dengan semakin meningkatnya jumlah ibu yang bekerja, semakin banyak anak diasuh oleh nenek-kakeknya. Saat ini belum banyak penelitian yang mengungkap dampak pengasuhan nenek-kakek terhadap perilaku bermasalah anak usia dini. Untuk menutupi kekurangan ini, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengasuhan ibu dan nenek-kakek terhadap perilaku bermasalah anak. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji sejauh mana faktor-faktor penyesuaian keluarga (yaitu: stres, relasi keluarga, kerjasama antar pengasuh) mempengaruhi pengasuhan ibu dan nenek-kakek. Partisipan penelitian adalah 188 pasang pengasuh (ibu dan nenek-kakek) yang memiliki anak atau cucu berusia 2-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan otoriter ibu dan pengasuhan permisif nenek-kakek memberikan sumbangan yang signifikan bagi masalah perilaku anak. Stres ibu dan relasi keluarga menentukan munculnya pengasuhan otoriter ibu. Pada nenek-kakek, stres menjadi prediktor utama bagi pengasuhan permisif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, pengasuhan ibu, pengasuhan nenek-kakek, penyesuaian keluarga, perilaku bermasalah.
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Agnes Maria Sumargi
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:52
Last Modified: 19 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29730

Actions (login required)

View Item View Item